Hot Borneo

Kebakaran Kilang Minyak Balikpapan, Begini Penjelasan Pertamina

apahabar.com, BALIKPAPAN – Peristiwa kebakaran yang terjadi di kilang minyak Balikpapan, Kaltim, pada Jumat (4/3) pukul…

Featured-Image
Kebakaran kilang minyak Balikpapan. Foto-apahabar.com/Riyadi

bakabar.com, BALIKPAPAN – Peristiwa kebakaran yang terjadi di kilang minyak Balikpapan, Kaltim, pada Jumat (4/3) pukul 10.30 Wita menjadi perhatian masyarakat.
Beruntung api yang sempat membesar itu berhasil dipadamkan sekitar 30 menit kemudian.

Manager Area Communications, Relations & CSR PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Ely Chandra Peranginangin membenarkan kejadian tersebut.

Ely memastikan saat itu terjadi flash pada pukul 10.32 Wita di lokasi tengah kilang minyak. Area yang terbakar yakni salah satu pabrik pengolahan minyak.

“Penyebab masih kita kumpulkan data, kita masih fokus pada penanganan dan masih pendinginan sampe bener-benar aman. Tapi saat ini sudah terkendali. Jadi penyebab kita harus kumpulkan data dulu untuk hasil komprehensif,” ungkapnya ditemui di depan kantor Pertamina RU V.

Ely mengatakan petugas langsung terjun ke lokasi kejadian dengan empat unit pemadam kebakaran. Beruntung alat penyemprot air otomatis di area kebakaran sangat membantu petugas mencegah kebakaran yang lebih luas.

“Kondisi pukul 11.00 Wita api sudah dikendalikan dengan 4 pemadam dan di sekitar pabrik ada pemadam statis yang langsung bekerja. Kondisi api sudah padam, asap juga sudah tidak kelihatan,” katanya.

Ditanya area apa yang terbakar, Ely mengaku belum mengetahui pasti, sebab saat ini petugas tengah melakukan pendinginan di area yang terbakar tersebut. Namun ia memastikan operasional di kilang minyak tetap jalan dan tidak berdampak pada kebutuhan BBM dan LPG.

“Kami harap masyarakat tidak panik karena kami tetap beroperasi normal. Di kilang itu ada terdapat beberapa pabrik dan tetap beroperasi, kebutuhan BBM dan LPG tetap akan disuplai oleh Kilang RU V Balikpapan,” ujarnya.

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Saat ini pihaknya juga tengah melakukan investigasi terhadap penyebab kebakaran tersebut.

Breaking News! Kilang Minyak di Balikpapan Terbakar

Komentar
Banner
Banner