Hot Borneo

Kawasan Landasan Ulin Banjarbaru Terbakar Seharian, Petugas Sibuk Padamkan Api

Kawasan Pengayuan, Landasan Ulin Selatan, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, kembali dilanda kebakaran lahan dan hutan, Sabtu (29/7).

Featured-Image
Salah satu rekanan emergency yang membantu pemadaman Karhutla di Pengayuan. Foto-apahabar/Fida

bakabar.com, BANJARBARU - Kawasan Pengayuan, Landasan Ulin Selatan, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, kembali dilanda kebakaran lahan dan hutan, Sabtu (29/7).

Rekanan PMI Banjarbaru, Mubarak, menuturkan api mulai terlihat pada pukul 09.00 Wita dan terus melebar hingga pukul 17.45 Wita.

"Api sampai saat ini masih aktif. Beberapa titik api telihat, sedikitnya 10 titik. Dan titik api yang besar kurang lebih ada lima titik," katanya kepada bakabar.com.

Baca Juga: PKB Banjarmasin Target Sapu Bersih Seluruh Dapil pada Pemilu 2024

Parahnya, sekira jam 16.00 Wita tadi, api hampir  mengenai sebuah warung. Beruntungnya rekanan bergerak cepat dan mampu menguasai.

Selain rekanan pemadam, helikopter (heli) water boombing diikut sertakan dalam upaya pemadaman ini, karena lokasi lahan terbakar cukup luas dan sebagian tak terjangkau secara manual.

"Tadi pemadam yang hadir sekitar Liang Anggang ada 10 unit, tapi ini sebagian sudah balik kanan, sebagian lagi standby di lokasi," ungkapnya.

Baca Juga: Menjamu Madura United di SDL, Barito Putera Dipastikan Tampil Full Team

"Jadi yang masih jalan heli, kalau pemadam posisi standby jika mendekati perumahan jadi langsung kerja," sambungnya.

Meski terpantau banyak titik api dan hampir mendekati permukiman, Mubarak memastikan kebakaran tersebut tak menyebabkan kepulan asap hingga mengganggu masyarakat.

Sementara itu, Ketua RT 02 Pangayuan, Kelurahan Landasan Ulin Selatan, Hendra, menduga jika luasan lahan yang terbakar lebih dari lima hektare.

"Kami sempat terkendala ketersediaan air yang kurang juga keterbatasan alat tapi ada dibantu heli water bombing meski kurang signifikan," tambahnya.

Hingga berita ini ditayangkan, proses pemadaman di lokasi masih berjalan.

Editor


Komentar
Banner
Banner