Destinasi Wisata

Dispar Kukar Bakal Bangun Rest Area di Kawasan Tugu Equator

Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) berencana membangun rest area di sekitar tugu Equator yang dinilai punya potensi wisata.

Featured-Image
TampakTugu Equatoryang bisa menarik minat wisatawan. Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) berencana membangun rest area di sekitar tugu Equator yang dinilai punya potensi wisata. Tugu tersebut terletak di Desa Santan Ulu, Kecamatan Marangkayu.

Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan kajian rencana pembangunan rest area di sekitar tugu yang menjadi penanda letak garis katulistiwa ini.

Baca Juga: Dukung Pengembangan Wisata di Desa, Dispar Kukar Salurkan Bantuan untuk Pokdarwis

Karena fungsinya yang unik, Slamet menilai tugu itu bisa menjadi ikon yang menarik minat pengunjung dan sangat potensial untuk dikembangkan.

“Sangat berpotensi sekali untuk membangun rest area dan taman. Jadi pelaku ekonomi kreatif juga bisa fungsikan,” ucap Slamet, Senin (31/10).

Dalam rencana ini, pihaknya akan melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang berada di Kecamatan Marangkayu. Tujuannya agar pengembangan destinasi wisata itu bisa berjalan dengan baik, terutama untuk perawatan.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

“Nanti kita akan libatkan Pokdarwis yang ada di sana,” tambahnya.

Saat ini, kanjut Slamet, pihaknya masih melakukan pendataan di kawasan tersebut khususnya untuk permasalahan lahan. Hal ini perlu diclearkan agar tidak terjadi sengketa yang kemudian menghambat rencana tersebut.

“Kami telusuri dulu status lahannya, kalau memang bisa kita akan bangun rest area dan taman,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner