Blue Zone

Kawasan Blue Zone, Jalan Menuju Umur Panjang dan Kesehatan Optimal

Familiar dengan kawasan Blue Zone? Ternyata ini sebutan untuk wilayah dengan penduduk yang berumur panjang dan sehat optimal.

Featured-Image
Blue zone menjadi kawasan dengan kesehatan optimal dan angka umur panjang yang tinggi. Foto: relaxfoto.de

bakabar.com, JAKARTA -  Familiar dengan kawasan Blue Zone? Ternyata ini sebutan untuk wilayah dengan penduduk yang berumur panjang dan sehat optimal.

Melansir Healthline, kawasan Blue Zone adalah daerah-daerah di dunia di mana tingkat harapan hidup yang tinggi dan tingkat kelimpahan orang yang hidup hingga usia lanjut sangat signifikan.

Orang-orang di kawasan-kawasan ini memiliki kecenderungan untuk hidup lebih lama dan lebih sehat daripada rata-rata penduduk dunia.

Konsep Blue Zone pertama kali diidentifikasi oleh penulis dan peneliti National Geographic, Dan Buettner, yang melakukan penelitian untuk menemukan daerah-daerah di dunia di mana ada konsentrasi luar biasa dari penduduk berusia panjang.

ilustrasi sepasang lansia menghabiskan waktu bersama. Foto: recep-bg/istock photo
ilustrasi sepasang lansia menghabiskan waktu bersama. Foto: recep-bg/istock photo

Buettner menemukan bahwa ada beberapa kawasan di dunia yang memiliki karakteristik demografis dan gaya hidup tertentu yang berkontribusi pada umur panjang dan kesehatan yang baik. Kawasan-kawasan ini disebut sebagai "Blue Zones."

“Pencerahan besar dari semua Zona Biru ini adalah bahwa kesehatan jangka panjang sangat jarang berhasil dicapai, namun kemudian hal ini terjadi,” ujar Buettner dikutip dari Independent UK.

Beberapa contoh kawasan Blue Zone termasuk, Okinawa Jepang, Sardinia Italia, Ikaria Yunani Nicoya, Kosta Rika dan Loma Linda California, Amerika Serikat.

Kawasan-kawasan ini memiliki beberapa kesamaan dalam gaya hidup dan pola makan, termasuk konsumsi makanan alami yang kaya akan nutrisi, aktivitas fisik yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari, jaringan sosial yang kuat, serta adanya pola istirahat dan manajemen stres yang baik.

Faktor-faktor ini diyakini berkontribusi pada kesehatan yang baik dan umur panjang penduduk di kawasan Blue Zone. Konsep Blue Zone telah memotivasi banyak orang untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat guna meningkatkan harapan hidup dan kualitas hidup mereka.
Editor


Komentar
Banner
Banner