Darurat Karhutla

Karhutla Meluas, Polresta Palangka Raya Selidiki Penyebabnya

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Palangka Raya meluas dan mencapai puluhan hektar. Polisi berupaya menyelidiki penyebabnya.

Featured-Image
Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol Budi Santosa saat meninjau lokasi kebakaran lahan di wilayah kecamatan Jekan Raya. Foto-Istimewa

bakabar.com, PALANGKA RAYA - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Palangka Raya meluas dan mencapai puluhan hektar. Polisi berupaya menyelidiki penyebabnya. 

"Kami masih mendalami apakah lahan ini dibakar atau terbakar. Jika terjadi kebakaran lagi, pemilik lahan akan kami panggil untuk dimintai keterangannya," kata Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol Budi Santosa.

Berdasarkan data sementara, ada 3 kecamatan yang mengalami peningkatan kebakaran lahan sampai akhir Agustus 2023. Yakni Jekan Raya, Sebangau, dan Pahandut.

Sedangkan total lahan yang sudah terbakar hingga hari ini telah mencapai 120 hektar. Serta jumlah kebakaran ada 190 kejadian yang dilaporkan.

Baca Juga: Pencarian Korban Tenggelam Sungai Kahayan Palangka Raya Terhambat

Baca Juga: Karhutla Tapin, Kalsel Memakan Korban, Seorang Petani Meninggal Dunia

Kebakaran lahan ini diperkirakan telah menghanguskan lahan gambut seluas puluhan hektar yang berada di dua kelurahan. Yakni Kelurahan Bukit Tunggal dan Kelurahan Petuk Ketimpun, Palangka Raya.

Dari pantauan udara, lahan yang terbakar ini merupakan lahan baru. Diduga sengaja dibakar oleh oknum masyarakat untuk membersihkan lahannya.

Sementara informasi Tim Satgas Karhutla di lapangan, lokasi lahan yang terbakar ini sangat jauh untuk dijangkau dan sumber air di lokasi untuk melalukan pemadaman pun juga sangat terbatas. Cuaca panas disertai embusan angin yang cukup kencang juga membuat kobaran api terus menjalar dan sulit untuk dikendalikan.

Puluhan personel gabungan yang terdiri dari BPBD, Manggala Agni, Damkar Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, TNI-Polri dan relawan sempat kewalahan melakukan pemadaman. 

Tidak hanya itu, beberapa petugas yang berusaha menormalisir kebakaran lahan hampir menjadi korban terkurung dalam kobaran api. Kebakaran hebat dipicu hembusan angin di lahan yang terbakar. 

Editor


Komentar
Banner
Banner