Hot Borneo

Karang Taruna Selat Utara Gandeng DLH Kapuas Gelar Aksi Bersih-Bersih Sampah

Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023, Karang Taruna Maju Sejahtera Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat, Kapuas, Kalteng...

Featured-Image
Wabup Kapuas HM Nafiah Ibnor menyerahkan tong sampah bantuan dari Karang Taruna Kelurahan Selat Utara untuk rumah ibadah. Foto-apahabar.com/Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023, Karang Taruna Maju Sejahtera Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat, Kapuas, Kalteng melaksanakan aksi bersih-bersih sampah dan penanaman pohon, Kamis (23/2).

Kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kapuas itu juga dihadiri Wakil Bupati HM Nafiah Ibnor, Plt Kadis DLH Vitrianson, Lurah Selat Utara Rahmat M Nor dan Kadis PUPRPKP Kapuas Teras ST. 

Aksi bersih-bersih sampah dilakukan mulai dari kelurahan setempat dan beberapa kawasan lainnya di wilayah Kota Kuala Kapuas. Sedangkan penanaman pohon dilakukan di sekitar Kantor Kelurahan Selat Utara.

Menurut Ketua Karang Taruna Maju Sejahtera Kelurahan Selat Utara, Aulia Risky Bustamal, selain aksi bersih-bersih sampah dan penanaman pohon pihaknya juga membagikan tong sampah untuk rumah ibadah dan menggelar workshop kelola persampahan.

"Kegiatan workshop kelola persampahan kami laksanakan agar masyarakat mengetahui bagaimana sampah itu mulai dari tanah bisa menjadi uang," ujar Aulia Risky.

"Adapun peserta dalam kegiatan ini menyasar mulai dari RT, RW, masyarakat, komunitas, pelajar dan juga perwakilan dari KNPI," imbuhnya.

Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Karang Taruna Maju Sejahtera Kelurahan Selat Utara dan Dinas Lingkungan Hidup Kapuas tersebut.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini Kapuas bersih tanpa sampah lagi dan masyarakat pun bisa mengetahui cara mengelola sampah dengan baik dan benar," harap Nafiah.

Plt Kepala DLH Kapuas Vitrianson juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat betapa pentingnya pengelolaan sampah. Bahkan apabila dikelola dengan baik, sampah juga bisa menghasilkan uang.

"Nah tahun ini kami mulai membangun sinergitas pengelolaan sampah mulai dari rumah makan dulu. Nanti mereka akan menjual sampah kepada konsumen sampah untuk pakan ikan, pupuk organik dan pakan ternak," kata Vitrianson.

Editor
Komentar
Banner
Banner