Nasional

Aksi Bersih-bersih Sampah Jalan Lingkar Walangsi HST, Puncak Word Cleanup Day 2023

Pada kesempatan ini, pihak DLHP membawa ratusan pasukan bersama sejumlah organisasi peduli lingkungan di HST membersihkan sampah yang berserakan.

Featured-Image
Aksi bersih-bersih sampah memperingati Word Cleanup Day 2023 oleh petugas gabungan DLHP HST bersama organisasi dan komunitas peduli lingkungan di sepanjang Jalan Lingkar Walangsi HST. Foto-Istimewa

bakabar.com, BARABAI – Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar aksi bersih-bersih sampah di sepanjang Jalan Lingkar Walangsi-Kapar.

Kegiatan bersih-bersih ini dalam rangka momentum puncak perayaan Word Cleanup Day yang jatuh pada Sabtu (16/9/2023) hari ini.

Pada kesempatan ini, pihak DLHP membawa ratusan pasukan bersama sejumlah organisasi peduli lingkungan di HST membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang jalan.

Kepala Dinas LHP HST, H Mursyidi menerangkan, hari ini merupakan puncak dari peringatan hari bersih-bersih sedunia. 

"Untuk itu, kami turut menyemarakkan hari puncak ini dengan aksi gotong-royong pungut sampah serentak dengan melibatkan TP PKK HST, Pepelingasih HST, Gaskah, organisasi dan masyarakat peduli lingkungan," jelasnya.

Kegiatan ini, kata Mursyidi, juga turut menjadi ajang sosialisasi bagi masyarakat, baik yang melintas maupun penduduk setempat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan.

“Tadi tim kita bagi menjadi dua, mulai dari ujung Jalan Lingkar Kapar dan ujung Walangsi. Mereka menyisir memunguti sampah sembari memberikan sosialisasi kepada masyarakat hingga bertemu dititik akhir,” ujarnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tertib membuang sampahnya ke tempat yang sudah ditentukan guna menjaga kelestarian alam dan lingkungan di Bumi Murakata.

“Bak sampah kita ada di Walangsi, selain itu di Desa Banua Jingah, Kapuh, Babai, Mandingin, Matang ginalon ada juga dikelola desa masing-masing,” paparnya.

Sementara itu, Perwakilan Pepelingasih HST, Rabiatul Adawiah menyarankan, aksi bersih-bersih ini jangan hanya menjadi agenda tiap tahun saja. 

“Kegiatan ini sangat bagus sudah berjalan di HST. Lebih baik lagi jika bisa dirutinkan per minggu atau per bulan dengan kolaborasi semua pihak. Jadi, jangan hanya kegiatan tahunan saja,” ungkapnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner