Sport

Kalkulasi Peluang Lolos Timnas Indonesia Usai Tekuk Vietnam

Semakin mudah mengkalkulasi peluang lolos Timnas Indonesia ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Featured-Image
Kemenangan atas Vietnam melapangkan jalan Timnas Indonesia ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Foto: PSSI

bakabar.com, JAKARTA - Semakin mudah mengkalkulasi peluang lolos Timnas Indonesia ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Seusai menggasak Vietnam dengan skor 3-0 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3) malam, Indonesia kokoh di posisi dua klasemen sementara grup F putaran kedua kualifikasi dengan 7 angka.

Indonesia terpaut 5 poin dari Irak di puncak klasemen. Singa Mesopotamia sudah dipastikan lolos ke putaran ketiga kualifikasi.

Sementara Vietnam duduk di posisi tiga klasemen sementara dengan 3 angka, atau terpaut empat poin dari Indonesia.

Adapun Filipina berada di dasar klasemen dengan 1 poin, setelah menahan Indonesia dengan skor 1-1 di matchday kedua kualifikasi.

Agar Indonesia lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, sekaligus memesan tempat di Piala Asia 2027, dibutuhkan satu kemenangan lagi dari 2 pertandingan sisa.

Peluang lolos terbilang cukup besar, mengingat semua pertandingan sisa digelar di kandang sendiri. Diawali menjamu Irak yang dijadwalkan 6 Juni 2024, lalu Filipina lima hari berselang.

Baca Juga: Gol Perdana Pemain Abroad Timnas Indonesia Gasak Vietnam di Hanoi

Baca Juga: Banyak Pemain Tidak Fit, Shin Tae-yong Tekan Tombol Panggilan Darurat

Berkaca dari rekor head to head, Indonesia seharusnya dengan mudah mengalahkan Filipina yang tidak lagi memiliki kepentingan di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tercatat dari 26 pertemuan, Indonesia meraih 10 kemenangan, 5 imbang dan hanya sekali menelan kekalahan.

Satu-satunya kekalahan Indonesia dari Filipina terjadi di Piala AFF 2014 dengan skor 0-4 di My Dinh National Stadium.

Adapun ketika dilatih Shin Tae-yong, Indonesia baru sekali sekali berhadapan dengan Filipina, tepatnya di Piala AFF 2022.

Indonesia menang 2-1 di Rizal Memorial Stadium melalui gol-gol Dendy Sulistyawan dan Marselino Ferdinan. Adapun satu-satunya gol The Azkals dicetak Jens Sebastian Rasmussen.

Sebaliknya Indonesia memiliki rekor buruk melawan Irak. Dari 13 pertemuan, Garuda menelan 9 kekalahan, 3 imbang dan hanya sekali menang.

Pun ketika bertemu di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia takluk dari Irak dengan skor 1-5.

Sementara pertemuan terakhir di fase grup Piala Asia 2023, Indonesia menyerah dengan skor 1-3. Satu-satunya gol Garuda dibukukan Marselino Ferdinan.

Editor
Komentar
Banner
Banner