Sport

Gol Perdana Pemain Abroad Timnas Indonesia Gasak Vietnam di Hanoi

Gol-gol perdana dari pemain abroad andil membawa Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, dalam lanjutan kualifikasi putaran kedua Piala

Featured-Image
Ratnar Oratmangoen menandai penampilan debut bersama Timnas Indonesia dengan gol perdana ke gawang Vietnam. Foto: PSSI

bakabar.com, HANOI - Gol-gol perdana dari pemain abroad andil membawa Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, dalam lanjutan kualifikasi putaran kedua Piala Dunia 2026, Selasa (26/3).

Indonesia mengawali pertandingan dengan lebih agresif. Berawal dari kesalahan lawan, Hokky Caraka sempat melepas tembakan ke gawang di menit 5.

Lantas di menit 9, Indonesia berhasil mencetak gol. Jay Idzes mencetak gol perdana dengan sundulan, seusai menyambar tendangan sudut Nathan Tjoe-A-On.

Tertinggal cukup cepat, Vietnam berusaha secepatnya mengirim bola ke depan dengan umpan-umpan panjang. Namun sampai menit 20, usaha ini belum berhasil.

Justru Indonesia berhasil menggandakan keunggulan di menit 24, setelah Ratnar Oratmangoen yang menandai debut dengan gol brilian.

Mendapatkan bola di kiri lapangan, Ratnar memilih melakukan dribbling melewati empat pemain tuan rumah, sebelum menyepak dari sudut sempit dan gagal diantisipi kiper Nguyen Filip.

Vietnam merespon dengan peluang yang diperoleh Nguyen Tien Linh di menit 27. Untungnya sepakan Tien Linh dari sudut sempit di kanan gawang, tidak tepat mengarah ke sasaran.

Kemudian di menit 32, Khuat Van Khang melepaskan tendangan bebas yang susah payah ditepis kiper Ernando Ari. Situasi ini kemudian hanya menghasilkan tendangan pojok.

Memasuki babak kedua dengan gol perdana dari dua punggawa abroad, Indonesia menyegarkan komposisi pemain.

Pelatih Shin Tae-yong memasukkan Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri untuk menggantikan Asnawi Mangkualam dan Hokky Caraka.

Dibanding paruh pertama, Indonesia sedikit menurunkan garis pertahanan dan memilih melakukan serangan-serangan balik.

Strategi tersebut berjalan dengan cukup baik, karena setidaknya dua peluang dikreasikan Garuda hingga menit 57.

Dalam tekanan Vietnam, Ratnar Oratmangoen nyaris mencetak gol kedua di menit 68 dalam skema satu melawan dua di pertahanan Vietnam.

Namun ketika akan mengumpan kepada Egy Maulana Vikri yang berdiri bebas di tengah kotak penalti, bola dapat disapu lawan.

Baca Juga: Banyak Pemain Tidak Fit, Shin Tae-yong Tekan Tombol Panggilan Darurat

Baca Juga: Hasil Drawing Liga 3 Nasional, Tengok Posisi Tiga Wakil Kalsel

Indonesia terpaksa melakukan pergantian di menit 77, setelah Witan Sulaeman cedera. Seiring stok pemain menyerang yang terbatas, Shin lantas memasukkan Ramadhan Sananta.

Ratnar Oratmangoen kembali mengancam gawang Vietnam di menit 79. Tidak lagi dengan umpan, pemain FC Groningen langsung menendang dari sudut sempit.

Vietnam sebenarnya tidak bermain buruk, karena beberapa kali mereka memperoleh ruang tembak. Akan tetapi hingga menit 85, belum satu pun yang mengarah ke sasaran.

Justru Indonesia yang berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-0 di menit 90+8 melalui Ramadhan Sananta. Gol berawal dari tendangan sudut Tom Haye yang menghasilkan kemelut.

Bola kemudian disepak Edo Febriansyah dari luar kotak penalti, tapi terpantul kaki Ramadhan Sananta.

Kemudian bola liar disundul Egy Maulana Vikri dan hanya membentur tiang. Dalam sepersekian detik, Sananta pula yang akhirnya mendorong si kulit bundar ke gawang.

Kemenangan pertama di My Dinh setelah 20 tahun itu membuat Indonesia mengamankan posisi kedua klasemen grup F dengan 7 poin. Kesempatan melangkah ke putaran berikutnya pun semakin terbuka.

Sementara Irak yang baru saja mengalahkan Filipina dengan skor 5-0, sudah dipastikan melaju ke kualifikasi putaran ketiga.

Editor
Komentar
Banner
Banner