Teror Karhutla

Kalimantan Membara! Karhutla Mendekati Permukiman di Palangka Raya

Kalimantan sedang membara. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tak cuma terjadi di selatan, tapi juga Kalimantan Tengah (Kalteng).

Featured-Image
Lahan yang terbakar saat mendekati pemukiman warga di Jalan Bengaris, Palangka Raya. (ist/apahabar.com)

bakabar.com, PALANGKA RAYA - Kalimantan sedang membara. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tak cuma terjadi di selatan, tapi juga Kalimantan Tengah (Kalteng).

Di ibu kota Provinsi Kalteng; Palangka Raya, api bahkan mulai masuk ke wilayah permukiman. Tepatnya di Jalan Bengaris, Kelurahan Panarung, Minggu (25/6) sore.

Kebakaran lahan ini sempat membuat panik warga. Lantaran kobaran api yang membesar mendekati rumah mereka.

Baca Juga: Karhutla Kalsel Parah! Ratusan Hektare Lahan Sudah Terbakar

Petugas gabungan BPBD dan damkar di Palangka Raya sempat kelawahan mengatasi kebakaran. Karena titik api jauh dari sumber air. Mereka tak puny pilihan selain mengandalkan pipa sumur bor milik warga.

Salah satu warga, Nurhidayah menuturkan, ia sempat mengira rumahnya ikut terbakar. Lantaran kepulan asap hitam membumbung tinggi dari kejauhan.

"Karena posisi api saat itu berada di belakang rumah kurang lebih lima meter jaraknya. Saya kira rumah saya terbakar, kemudian saya menghubungi petugas pemadam kebakaran untuk minta tolong," ungkapnya.

Baca Juga: Kalsel Berasap! Karhutla Picu Infeksi Pernafasan Akut

Sementara itu, Ketua Regu Damkar Dinas Kehutanan Kalteng, Agus Maksum mengatakan, mereka membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk memadamkan api.

"Karena sempat terkendala air. Jadi terpaksa kami tadi memotong pipa sumur bor milik warga untuk disedot airnya menggunakan mesin," terangnya.

Hingga saat ini, sudah ada 42 kejadian karhutla di wilayah Palangka Raya. Total luas lahan yang terbakar sudah mencapai 30 hektare.

Editor


Komentar
Banner
Banner