Kaleidoskop 2023

Kaleidoskop 2023: 7 Makanan Viral, Cromoboloni hingga Seblak Rafael

Ini dia makanan paling viral selama tahun 2023. Makanan mana yang pernah Anda coba dan penasaran?

Featured-Image
Makanan Viral dan Populer di Tahun 2023. Foto: Instagram/pine_cake

bakabar.com, JAKARTA - Ini dia makanan paling viral selama 2023. Makanan mana yang pernah Anda coba dan penasaran?

TikTok, menjadi satu platform berbasis video singkat itu menjadi satu aplikasi yang banyak dimiliki masyarakat Indonesia.

Tak hanya menyajikan video hiburan, TikTok turut berkontribusi dalam hal viral yang terjadi selama beberapa waktu belakangan ini.

Selama 2023, TikTok menjadi trendsetter bagi gaya hidup anak muda dan masyarakat, tak hanya cara berpakaian bahkan sampai makanan-makanan viral turut dipopulerkan melalui aplikasi ini.

Baca Juga: Tolak Cinta Pria di TikTok, Perempuan di Bogor Diteror Order Makanan Fiktif

Berikut beberapa rangkuman makanan menjadi viral selama tahun 2023.

Cromboloni

Cromboloni Menjadi Makanan Paling Viral di Penghujung Tahun 2023. Foto: Instagram/Senayan City Mall
Cromboloni Menjadi Makanan Paling Viral di Penghujung Tahun 2023. Foto: Instagram/Senayan City Mall

Penghujung tahun 2023, TikTok dan media sosial diramaikan dengan satu jenis kudapan dari gabungan antara Croissant dan Bomboloni.

Cemilan satu ini menjadi satu pastry yang lagi populer di kalangan anak muda, bahkan toko kue yang menjual cemilan satu ini memiliki antrean yang cukup panjang untuk mendapatkannya.

Baca Juga: Kecanduan Makanan Manis? Pelajari Penyebab dan Cara Berhentinya

Pada dasarnya, Cromboloni adalah donat berbentuk bulat tanpa lubang, yang diberikan filling di dalamnya, beberapa filling diketahui memiliki rasa seperti coklat, matcha dan lainnya.

Memiliki tekstur rasa yang sangat renyak di luar seperti croisant namun tetap lembut secara bersamaan, dengan isian yang lumer layaknya donat bomboloni.

Mille Crepes

Makanan Viral Tahun 2023 Mille Crepes. Foto: Shutter Stock
Makanan Viral Tahun 2023 Mille Crepes. Foto: Shutter Stock

Pancake tipis yang disajikan dalam tumpukan yang berlapis, dipisahkan dengan krim atau gamache, cemilan satu ini menjadi populer di awal hingga pertengahan tahun 2023.

Mille crepes hadir dalam berbagai varian rasa yang menarik untuk dinikmati. Cemilan ini hadir dalam potongan kecil berbentuk segitiga.

Seblak Coet Rafael

Seblak Rafael Menjadi Makanan Populer di Tahun 2023. Foto: instagram.com/intanwisnu
Seblak Rafael Menjadi Makanan Populer di Tahun 2023. Foto: instagram.com/intanwisnu

Pertengahan Mei lalu, seblak menjadi populer lantaran diperkenalkan kembali oleh Rafael Tan melalui unggahan video di TikTok saat sedang melakukan mukbang seblak coet.

Dengan narasi 'tatangga' Rafael menyebut cemilan ini sebagai 'seblak mamang rafael' yang dinikmati diatas batu ulekan atau cobek.

Baca Juga: Rentan Bakteri, Makanan Mentah Tak Disarankan untuk Ibu Hamil

Olahan dari kerupuk yang dilembekan ini sebenarnya telah populer lama di sebagian wilayah di Jawa Barat. Dengan cita rasa asin, gurih dan pedas yang mendominasi, membuat beberapa orang menggandrungi makanan satu ini.

Setelah unggahan tersebut, banyak warganet berbondong-bondong melakukan re-create dari resep yang diberikan oleh Rafael dan hingga sekarang seblak masih menjadi satu makanan yang digandrungi banyak anak muda.

Ikan Shishamo

Ikan Shisamo Goreng - bakabar.com
Ikan Shisamo Goreng. Foto: Dok. Freepik

Ikan asal negeri Sakura ini sempat populer di pertengahan tahun 2023. Pasalnya, ikan yang memiliki banyak telur ini menjadi satu makanan yang menjadi favorit dari anak kedua dari pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Ikan Shishamo yang diketahui memiliki banyaka nutrisi ini digemari oleh Rayyanza, yang terlihat sangat lahap saat menyantap ikan yang diolah dengan digoreng dengan tepung tersebut.

Mochi bites

Mochi Bites, Cemilan Populer di Tahun 2023. Foto: YouTube/Puguh Kristanto Kitchen
Mochi Bites, Cemilan Populer di Tahun 2023. Foto: YouTube/Puguh Kristanto Kitchen

Makanan Jepang masih menjadi satu tren di tanah air, setelah Ichigo daifuku atau mochi isi stroberi yang sempat viral beberapa tahun lalu. Mochi kembali hadir dalam gebrakan terbarunya dengan ukuran lebih kecil yang bisa dimakan sekali suap.

Cemilan manis dan kenyal satu ini dimakan bersama dengan cocolan saus yang terbuat dari coklat atau bahan lainnya.

Baca Juga: Catat! 7 Resto ini Miliki Promo Makanan Gratis saat Ulang Tahun

Kepopulerannya sendiri membuat banyak orang berinisiatif membuat cemilan satu ini di rumah. Gak cuma itu, beberapa ide kreatif justru menjadikan mochi bites ini sebagai ide jualan.

Latiao

La Tiao Menjadi Populer di Tahun 2023. Foto: wanderplate
La Tiao Menjadi Populer di Tahun 2023. Foto: wanderplate

Cemilan stik panjang dari China. Latiao populer di jejaring TikTok karena keunikan rasanya yang kenyal dengan rasa pedas.

Terbuat dari tepung terigu dan minyak, cemilan satu ini menjadi satu oleh-oleh wajib yang dititip oleh banyak orang.

Salad Buah

Salad Buah Menjadi Viral di Tahun 2023. Foto: instagram/awlicious
Salad Buah Menjadi Viral di Tahun 2023. Foto: instagram/awlicious

Salad buah biasa disajikan secara sehat dan rendah kalori. Kali ini berbeda, salad buah hadir dalam jumlah kalori yang besar, dengan tambahan keju melimpah, susu kental manis dan yogurt di dalamnya.

Meski begitu, cemilan buah ini menjadi populer dan banyak digandrungi banyak masyarakat, tak jarang mereka bahkan membuatnya kembali di rumah dengan caranya masing-masing.

Editor


Komentar
Banner
Banner