Liga europa

Kalahkan Roma, Sevilla Raja Liga Europa!

Final dari Europa League musim 2022/2023 jadi milik Sevilla.

Featured-Image
Sevilla rayakan kemenangan saat menjuarai kompetisi liga europa, Kamis (1/6). (Foto: dok. SevillaFC)

bakabar.com, JAKARTA - Final dari Liga Europa musim 2022/2023 jadi milik Sevilla. Tim besutan José Luis Mendilibar ini berhasil memastikan gelar ketujuh mereka dalam kompetisi kasta kedua di benua biru, setelah mampu mengalahkan tim kuat asal Italia, AS Roma. 

Pada final yang dihelat di Arena Puskas, Budapest, Hungaria Kamis (1/6) dini hari, kedua tim sama-sama bermain secara agresif.

Hanya saja Sevilla mendominasi dengan penguasaan bola yang mereka terapkan pada pertandingan ini. Hal ini bisa dilihat dari catatan statistik yang menunjukkan Sevilla mampu menguasai bola sebanyak 67 persen.

Baca Juga: Sevilla Jadi Favorit Juara Liga Europa, Mourinho: Sejarah Gak Main!

Namun, AS Roma bukan berarti tanpa serangan. Malah anak asuh Jose Mourinho memulai ancaman lebih dulu.

Pada menit ke-11. Leonardo Spinazzola gagal memanfaatkan umpan datar terukur dari Zeki Celik. Sambarannya masih bisa diantisipasi kiper. 

Pada menit ke-34, Serigala Ibukota -julukan Roma- akhirnya berhasil unggul. Umpan terobosan dari Gianluca Mancini mampu dimaksimalkan dengan sempurna oleh Paulo Dybala lewat sepakan kaki kirinya.

Sevilla hampir saja menyamakan skor dimenit akhir pertandingan babak pertama. Tendangan spekulasi dari Ivan Rakitic masih membentur tiang gawang kawalan Rui Patricio. Hingga turun minum Roma masih memimpin 1-0.

Baca Juga: Sevilla Versus AS Roma di Final Liga Eropa 2022/2023

Pada babak kedua, saat pertandingan baru berjalan sekitar 10 menit, Sevilla mampu samakan skor. Berawal dari umpan tarik Jesus Navas ke dalam kotak penalti, pemain belakang Roma, Mancini gagal menghalau bola dengan sempurna. Bola justru masuk ke gawang. Roma 1 sevilla 1.

Skor ini terus bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Kedua tim pun harus melanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Dalam dua kali 15 menit ini juga, tidak ada satu gol tambahan pun tercipta. Terpaksa pertandingan pun harus diselesaikan dengan adu penalti. 

Baca Juga: 3 Wakil Serie A di Tiga Final Kejuaraan Eropa

Pada babak ini, Los Palanganas -julukan Sevilla- benar benar mendominasi. Empat algojo masing-masing sukses menjalankan tugasnya.

Sedangkan Roma, hanya satu pemain yakni Cristante yang melakukan eksekusi dengan sempurna. Sisanya gagal. Sehingga dari babak penalti ini berkesudahan dengan skor 4-1 bagi kemenangan Sevilla. 

Daftar penenadang penalti Sevilla :

Ocampos gol! 

Lamela gol!

Rakitic gol!

Montiel gol!

Daftar penendang penalti AS Roma :

Cristante gol! 

Mancini gagal! 

Ibanez gagal! l

Gelar ini menjadi gelar ketujuh bagi tim besutan José Luis Mendilibar. Los Palanganas layak disematkan sebagai Raja Europa League. Sebab saat ini Sevilla menjadi klub tersukses diajang ity. 

Sevilla menjadi juara kompetisi kasta kedua Piala Eropa/Liga Eropa di tahun 2006 , 2007 , 2014 , 2015 , 2016 , 2020 dan 2023.

Editor
Komentar
Banner
Banner