tanaman hias

Kaktus dan Sukulen, Tanaman Hias yang Cocok untuk Sobat Mager

Kaum mager? Pelihara tanaman sukulen dan kaktus untuk memperbaiki sirkulasi udara di rumah, minim perawatan namun dapat mempercantik kamar dan ruangan di rumah

Featured-Image
Pelihara Kaktus dan Sukulen, Mempercantik ruangan sekaligus memperbagus sirkulasi udara di rumah. Foto: dok. apahabar

bakabar.com, JAKARTA - Kaum mager? Pelihara tanaman sukulen dan kaktus untuk memperbaiki sirkulasi udara di rumah, minim perawatan namun dapat mempercantik kamar dan ruangan di rumah.

Siapa yang tak mengenal tanaman kecil ini? Sukulen dan kaktus merupakan jenis tanaman yang banyak diminati oleh pecinta tanaman hias. Selain karena minim perawatan, tanaman tersebut dipercaya memperbaiki sirkulasi oksigen dalam ruangan.

Walau perawatannya terbilang mudah, namun terdapat trik khusus dalam menjaga kondisi tanaman ini bertahan lama. Salah satunya dengan memperhatikan media tanam yang digunakan.

Media tanam yang digunakan pada kaktus dan sukulen ini terbilang cukup umum ditemukan. Menggunakan tanah dan perlite yang digunakan dalam takaran kecil pada bagian dasar tanaman tersebut, dan sekam bakar dengan takaran yang lebih banyak.

"Media tanam ini menggunakan tanah dan perlite, gunanya agar tanah poros, dan tidak menahan air terlalu lama yang membuat tanaman membusuk," ujar Teguh Pramana, PLT Manager Kebun Raya Cibodas, kepada apahabar, Sabtu (30/9).

Baca Juga: FLOII 2023: Menteri Teten Menyiram Tanaman Seharga Mobil BMW

Menurut Teguh, banyak masyarakat yang tertarik pada tanaman ini karena perawatannya yang mudah. Tanaman ini diketahui tidak membutuhkan pupuk yang khusus dan tidak boleh disiram terlalu lama.

"Penyiramannya tiga hari sekali, atau seminggu sekali aja. Caranya bisa cek tanahnya dengan jari kita. Nah kalau dirasa kering boleh disiram," kata Teguh.

Suasana pameran FLOII 2023. Foto: dok. apahabar
Suasana pameran FLOII 2023. Foto: dok. apahabar

Kebun Raya Cibodas diketahui memiliki banyak koleksi sukulen dan kaktus. Diantaranya Golden Barrel, atau Kursi Mertua, yang memiliki usia hingga 50 sampai 60 tahun. Dan pada pameran FLOII 2023, pihaknya membawa salah satu koleksinya yang berusia 30 tahun.

Karena perawatannya yang mudah, banyak masyarakat yang tertarik merawat tanaman tersebut di rumah mereka. Salah satunya Nadia, pengunjung yang datang dalam pameran tanaman yang berlokasi di ICE BSD, Tangerang Selatan.

"Kaktus dan sukulen itu lucu-lucu, jadi aku suka koleksi aja di rumah, dan gak perlu sering-sering disiram," ujarnya.

Baca Juga: Buka FLOII 2023, Mensos: Saya Senang Anak Muda Tertarik Tanaman Hias

Teguh juga memberikan tips untuk menyiram tanaman sukulen ini agar bertahan lebih lama, dengan menyemprotkan pada bagian batang dan bagian atas tanaman tersebut.

"Kaktus dan sukulen ini nyimpan airnya di batang, jadi setelah tanahnya aman. Bisa disiram bagian batangnya sesekali aja," tutupnya.

Floriculture Indonesia International Expo (FLOII) 2023 berlangsung di ICE BSD, Tangerang Selatan dari 28 September hingga 1 Oktober 2023. Menghadirkan berbagai koleksi tanaman hias dari Indonesia, Thailand, Singapura dan negara Asia lainnya. Dengan tiket masuk sebesar Rp. 30 ribu, Anda dapat menikmati koleksi tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner