Tak Berkategori

Kades Terpilih Diminta Sukseskan Program Vaksinasi di Tabalong

apahabar.com, TANJUNG – Pemkab Tabalong bersama Polres setempat melakukan pembekalan terhadap puluhan kepala desa (kades) terpilih…

Featured-Image
Puluhan Kades terpilih di Kabupaten Tabalong mengikuti pembekalan yang langsung diberikan Bupati H Anang Syakhfiani. Foto: Istimewa

bakabar.com, TANJUNG – Pemkab Tabalong bersama Polres setempat melakukan pembekalan terhadap puluhan kepala desa (kades) terpilih pada pemilihan serentak pada November lalu.

Pembekalan dipimpin langsung Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani bersama Dandim 1008/Tabalong Letkol Inf Ras Lambang Yudha dan Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin diwakili Kabag Perencanaan Kompol Sumardi, bertempat di Gedung Sarabakawa, Tanjung, Rabu (22/12).

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Sinergitas pengelolaan pemerintahan dan percepatan pembangunan desa dalam rangka mewujudkan desa maju, mandiri dan sejahtera menuju Kabupaten Tabalong yang lebih agamis sejahtera dan mandiri’

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, mengatakan kemenangan para kades terpilih adalah kemenangan rakyat.

“Untuk itulah saya meminta kepada TNI dan Polri agar sama-sama membantu kades terpilih dalam melaksanakan tugasnya di tingkat desa,” katanya.

Anang meminta kepada para kades terpilih nantinya dalam menyusun rencana pembangunan jangka menengah desa, visi misi harus ada keterpaduan antara pembangunan tingkat desa dengan kabupaten.

“Selain itu hubungan dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus terjalin dengan harmonis sehingga dapat bekerjasama dalam pembangunan di desa,” pesan Anang.

“Kepada BPD dan Kades harus mempelajari tupoksi nya masing masing,” sambungnya.

Sementara itu, Dandim 1008/Tabalong, Letkol Inf Ras Lambang Yudha meminta para kades terpilih agar menguasai undang-undang desa agar mengetahui tupoksinya dalam melaksanakan tugas.

“Kades diberikan wewenang dari pemerintah pusat guna memajukan desa dan menyejahterakan masyarakat di desa yang ia pimpin,” ingatnya.

Ras Lambang bilang saat ini desa sudah diberikan anggaran desa guna melaksanakan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa, maka harus digunakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kades agar bisa berkomunikasi dengan komponen lain seperti Babinsa dan Babinkamtibmas agar dapat mendukung pelaksanaan tugas di desa,” jelasnya.

“Para Kades terpilih nantinya ikut membantu percepatan vaksin sesuai dengan target pemerintah,” tandasnya Ras Lambang Yudha.

Di acara yang sama Kapolres Tabalong melalu Kabag Perencanaan Kompol Sumardi mengingatkan para kades terpilih agar dapat menjawab tantangan dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tupoksinya.

“Kades dengan aparat desa harus sejalan sehingga bisa melaksanakan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat desa,” ingatnya.

Dalam penyusunan anggaran harus sesuai dengan rencana guna meminimalisir kesalahan dalam penggunaan anggaran.

“Tingkatkan sinergi 3 pilar di tingkat desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas serta membantu mensukseskan vaksinasi di tingkat desa,” pinta Sumardi.

Pada pembekalan ini diikuti 64 kades terpilih pada pemilihan serentak bulan November lalu di tambah 3 Kades terpilih Pengganti Antar Waktu (PAW).

Komentar
Banner
Banner