Hot Borneo

Kabut Asap Melanda Tabalong, Ratusan Warga Terserang ISPA

Beberapa minggu terakhir ini Kabupaten Tabalong dilanda kabut asap, hal ini berdampak pada kesehatan masyarakat.

Featured-Image
Kabut asap mulai terlihat lagi di Jalan PHM Noor, Tabalong. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com,TANJUNG - Dalam beberapa pekan terakhir, Kabupaten Tabalong dilanda kabut asap. Ratusan warga dilaporkan terserang Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) akibat polusi udara tersebut.

Dinas Kesehatan mencatat, pada minggu ke-38  (musim kemarau) yakni di September kemarin, tercatat ratusan warga terserang Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA).

Jika dibandingkan pada minggu ke-37, warga yang terserang ISPA di Tabalong mengalami peningkatan. Pada minggu ke-37 terdapat 379 kasus ISPA dan  pada minggu ke-38 meningkat 10 kasus menjadi 389 kasus.

"Untuk kasus ISPA memang relatif ada kenaikan dari minggu 37 ke 38, untuk di Kalsel Tabalong menempati peringkat ke-6 kasus ISPA," kata Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Taufiqurrahman Hamdie,Selasa (3/10).

"Warga terserang ISPA tersebut bersumber dari data seluruh Puskesmas yang ada di daerah ini," imbuhnya.

Taufiq mengimbau warga yang keluar rumah khususnya anak-anak sekolah, ibu hamil, lansia dan orang dengan penyakit komorbid agar memakai masker.

"Selain itu mengkonsumi air putih lebih banyak,makan makanan mengandung antioksodan seperti sayur hijau dan buah serta istirahat yang cukup," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner