SEA Games 2023

Jumlah Bertambah, Indonesia Kirim 599 Atlet untuk SEA Games 2023

Indonesia akan mengirimkan sebanyak 599 Atlet yang akan tersebar ke dalam 31 cabang olahraga (Cabor) untuk ajang SEA Games 2023

Featured-Image
Menpora Dito Ariotedjo (tengah) bersama Ketua NOC (kiri) dan Sekjen KONI Pusat mengumumkan kontingen jumlah atlet kontingen Indonesia di SEA Games 2023 (Foto: apahabar.com/Bambang)

bakabar.com, JAKARTA – Indonesia akan mengirimkan sebanyak 599 Atlet yang akan tersebar ke dalam 31 cabang olahraga (Cabor) untuk ajang SEA Games 2023.

Hal tersebut diungkapan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo setelah menggelar rapat koordinasi finalisasi kontingen SEA Games 2023 di Kamboja mendatang.

Lebih lanjut, dari total 599 terdiri dari 379 atlet putra dan 200 atlet putri yang akan berjuang membawa pulang medali emas di ajang bergengsi se-Asia Tenggara itu.

“Hari ini kita akan mengumumkan secara resmi terkait kontingen Indonesia menuju SEA Games 2023,” ujar Menpora Dito saat konferensi pers di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (17/4).

Baca Juga: MU Nirbobol dari Nottingham, Ten Hag Puji Pertahanan Anak Asuhnya

“Alhamdulillah ini mungkin tepat 2 minggu saya duduk sebagai Menpora, kita sudah finalisasi yang sudah disepakati bersama NOC, KONI dan tim review,” sambungnya.

Di samping itu, Menpora mengatakan jumlah atlet yang dikirim ke SEA Games Kamboja kali ini jauh lebih banyak dibandingkan saat SEA Games di Hanoi Vietnam.

“Ini ada kenaikan hampir 100 atlet dibandingkan SEA Games Hanoi. Untuk di SEA Games Kamboja iini berbeda dari sebelumnya [SEA Games Vietnam],” tutur Dito.

Menpora Dito menjelaskan perbandingan jumlah tersebut karena di SEA Games Vietnam lalu jumlah cabor yang dipertarungkan lebih banyak dari kategori individu dan tidak di pertandingkan lagi.

“Ini harus dijelaskan bahwa untuk SEA Games 2023 berbeda dengan Hanoi. Sebelumnya, cabornya lebih banyak individu, dan cabor yang banyak mendapat emas di Hanoi, tidak dipertandingkan dan digantikan dengan cabor dan nomor beregu,” imbuhnya.

Baca Juga: Indra Sjafri: Kerangka Timnas U-22 SEA Games Terbentuk 19 April

Sementara itu, untuk SEA Games Kamboja 2023 mendatang ini, Menpora Dito menargetkan Indonesia merebut 60 medali emas serta peringkat Indonesia di SEA Games tetap bertahan.

“Target medali 60 [medali emas], mudah-mudahan meleset tapi ke atas [bertambah medalinya],” tandas Menpora Dito.

Untuk SEA Games 2023 Kamboja ini, dari total 599 kontingen yang diberangkatkan, cabor E-sport dan Hoki menjadi cabor yang paling banyak mengirimkan atletnya.

Sedangkan, untuk cabor lainnya yakni Badminton dan sepak bola hanya mengirimkan sebanyak 20 atlet untuk SEA Games 2023.

Editor


Komentar
Banner
Banner