Sport

Raih 2 Emas di Olimpiade 2024, Indonesia Ulang Prestasi 32 Tahun Lalu

Sukses merebut dua emas di Olimpiade 2024 membuat Indonesia untuk kali pertama dalam 32 tahun terakhir berhasil merebut lebih dari satu emas.

Featured-Image
Atlet angkat besi Rizki Juniansyah dan atlet panjat tebing Veddriq Leonardo menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Foto: AFP

bakabar.com, JAKARTA – Keberhasilan atlet panjat tebing Veddriq Leonardo dan atlet angkat besi Rizki Juniansyah meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024 membuat kontingen Indonesia mengulang prestasi 32 tahun lalu di ajang sukan empat tahunan terakbar sejagad itu.

Indonesia langsung meraih dua medali emas pada hari ke-14 Olimpiade 2024. Setelah Veddriq merebut emas dari nomor speed panjat tebing, Kamis (8/8/2024), Rizki kemudian memastikan medali emas kedua setelah menjadi juara di nomor 73 kilogram putra angkat besi pada Jumat (9/8/2024) dinihari.

Sukses merebut dua emas di Olimpiade 2024 membuat Indonesia untuk kali pertama dalam 32 tahun terakhir berhasil merebut lebih dari satu emas. Sebelumnya, kali terakhir Indonesia merebut lebih dari satu emas terjadi di Olimpiade Barcelona 1992.

Dua emas Indonesia di Olimpiade 1992 diraih dari cabang badminton lewat Susy Susanti dan Alan Budikusuma. Kini setelah 32 tahun berlalu, Veddriq dan Rizki kembali membawa Indonesia meraih dua emas di Olimpiade.

Perjuangan luar biasa ditunjukkan Veddriq pada final panjat tebing nomor speed di Olimpiade 2024. Veddriq unggul 0,02 sekon atas atlet China, Wu Peng, pada laga final.

Sementara Rizki Juniansyah merebut medali emas Olimpiade 2024 setelah mengalahkan Weeraphon Wichuma dari Thailand. Dengan total angkatan 354 kilogram, Rizki unggul hingga delapan kilogram atas Wichuma.

"Saya senang, bangga, dan sangat emosional saat menang dengan medali emas pertama saya dan menorehkan sejarah. Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas dukungannya, kepada mereka yang menonton di rumah," kata Rizki dikutip dari Reuters.

"Tidak ada kata-kata yang dapat menggambarkan perasaan saya. Anda melihat saya menangis karena ini merupakan pengalaman yang sangat emosional dan indah dan saya sudah menatap masa depan," ucap Rizki.

Dengan raihan dua medali emas itu, klasemen Olimpiade Paris 2024 mengalami perubahan. Posisi Indonesia melesat dari urutan 42  ke 28.

Dikutip dari cnnindonesia.com, hingga Jumat (9/8/2024) WIB, Indonesia telah mengoleksi dua medali emas dan satu medali perunggu.

Sedangkan Filipina kini berada di urutan ke-27 dengan koleksi dua medali emas dan dua medali perunggu.

Sementara di posisi puncak klasemen masih ditempati Amerika Serikat dengan mengemas 30 medali emas disusul Cina 28 medali emas di urutan kedua.(*)

Editor


Komentar
Banner
Banner