Pemilu 2024

Jember Nyaris Punya Dua Juta Pemilih

KPU Jember, Jawa Timur mengumumkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilu 2024. Angkanya mencapai dua juta.

Featured-Image
Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi ketika ditemui Apahabar, usai rekapitulasi jumlah DPT di Jember, Rabu (21/6). (apahabar.com/M Ulil Albab)

bakabar.com, JEMBER - KPU Jember, Jawa Timur mengumumkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilu 2024. Angkanya mencapai dua juta.

Lebih rinci, yakni 1.972.216. Pemilih perempuan jadi yang tertinggi di angka 997.499 orang.

Komisioner KPU Jember, Ahmad Hanafi mengatakan, DPT ini adalah hasil pemutakhiran data akhir dari daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP).

Baca Juga: KPU Depok Tetapkan 1,39 Juta Pemilih

"Pemilih perempuan lebih banyak, tapi tidak signifikan," katanya kepada bakabar.com di Kampus Institut Teknologi dan Sains Mandala, Rabu (21/6) siang.

Kata dia, ditemukan banyak nama yang sama dalam satu KK. 

"Evaluasi data yang tidak valid, seperti nama yang dua huruf, tiga huruf dan pemilih ganda dan sudah kita terverifikasi semua," jelasnya.

Baca Juga: Waduh! Puluhan Orang Meninggal di Cianjur Masuk di Data Pemilih Sementara

Hanafi menyebut, ada pengurangan 6.000 DPSHP dari DPT yang sudah ditetapkan saat ini. Karena adanya data ganda, perpindahan penduduk hingga kematian.

Jumlah DPT itu, tidak akan bertambah. Namun bisa berubah lantaran adanya migrasi masyarakat Jember ke luar kota.

"Proses yang kami lakukan, jumlah pemilih yang sebenarnya, sampai bulan ini. Karena migrasi masyarakat di Jember cukup cepat. Bisa jadi bulan depan sudah berubah lagi," jelasnya.

Baca Juga: Pemilih Perempuan Rawan Jadi Sasaran Politik Uang!

Per 20 Juni 2023 saja, kata dia, banyak warga Jember yang berpindah tempat. Data akan dihapus dan dipindah ke tempat pemungutan suara (TPS) yang baru.

"Perpindahan TPS ini, tidak tercatat dalam penambahan dan pengurangan jumlah DPT, namun akan masuk dalam daftar pemilih tetap baru (DPTB)," terangnya.

Sebelumnya, KPU Jember telah mengumumkan menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) untuk pemilu 2024.  Angkanya 1.985.725 orang. 

Editor


Komentar
Banner
Banner