Tak Berkategori

Jelang Haul Sekumpul, Dishub Banjar Siapkan Jalur Sungai

apahabar.com, MARTAPURA – Antisipasi kepadatan kendaraan bermotor di haul Abah Guru Sekumpul ke-14 Maret 2019 mendatang,…

Featured-Image
Ilustrasi jema’ah haul sekumpul menggunakan jalur sungai. Foto-Picbon.com

bakabar.com, MARTAPURA - Antisipasi kepadatan kendaraan bermotor di haul Abah Guru Sekumpul ke-14 Maret 2019 mendatang, Dinas Perhubungan Banjar siapkan jalur sungai.

“Dari hasil evaluasi haul ke 13 kemarin, para jemaah ada juga yang datang melalui jalur sungai, maka di haul ke 14 ini, rencananya di persiapkan jalur sungai untuk backup jalur darat,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, Aidil Basith, Senin (21/01) siang.

Aidil Basith menjelaskan, pihaknya akan menyediakan penerangan di tempat kapal (kelotok) bersandar. Mengingat para jemaah yang datang dan pulang bisa saja di malam hari.

Untuk Titik bersandarnya kelotok jemaah, diketahui berada di Desa Pekauman hingga Desa Murung Pasar.

img

Kepala Dinas Perhubungan Banjar Aidil Basith. Foto-bakabar.com/Reza Rifani

"Dari sana nanti para jemaah akan berjalan kaki menuju lokasi haul, dan inisiatif menggunakan kelotok ini juga dapat menghindari kemacetan jalur darat," jelasnya.

Lebih jauh, Aidil Basith menuturkan, dengan dibukanya jalur sungai ini merupakan rute tambahan pada haul Abah Guru Sekumpul ke-14.

"Setiap tahun kami selalu mengevaluasi, agar lebih baik lagi dalam pengaturan," jelasnya.

Aidil Basith menuturkan agar para jemaah yang datang mengunakan transportasi darat dari jalur Hulu Sungai dan Banjarmasin untuk menempelkan stiker di kendaraan mereka.

"Untuk jemaah dari Hulu Sungai stikernya berwarna Biru, sedangkan dari Banjarmasin berwarna Merah, yang sudah ditetapkan oleh Posko Induk. Tujuannya agar petugas dapat mengarahkan di mana mereka nantinya harus parkir," jelasnya.

Baca Juga:Dishub Siap Tangani Jalur di Haul Tuan Guru Anang Sya'arani Arif

Baca Juga:Biaya Haji akan Disesuaikan Kurs Dolar?

Baca Juga:Senin, Puskesmas Martapura 2 Siap Beroperasi di Gedung Baru

Baca Juga:Begini Nasehat Abah Guru Sekumpul pada Soeharto

Reporter: Reza RifaniEditor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner