LIFESTYLE

Jelang Halloween, Ini Lokasi Angker di Ibu Kota untuk Uji Nyali

Kendati tradisi Hallowen merupakan perayaan orang barat, tapi berkat arus globalisasi, tanpa disadari orang-orang Indonesia juga turut merayakan Hallowen.

Featured-Image
Lokasi Angker di Jakarta (Foto: dok. Detik)

bakabar.com, JAKARTA - Halloween merupakan sebuah perayaan orang barat yang dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 31 Oktober dengan diniatkan sebagai ritual mengusir sial, namun seiring berkembangnya zaman, tradisi ini berubah menjadi parade kostum dan pesta anak anak.

Kendati tradisi ini merupakan perayaan orang barat, tapi berkat arus globalisasi, tanpa disadari orang-orang Indonesia juga turut merayakan Hallowen.

Beberapa acara digelar untuk merayakan Hallowen dan biasanya para peserta memakai kostum yang bertemakan Hallowen untuk memeriahkan acara tersebut.

Hallowen juga berkaitan dengan tempat-tempat angker, berikut akan membahas Tempat yang dipercaya angker di Jakarta.

1. Terowongan Casablanca

Terowongan Casablanca yang berada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan ini menyimpan berbagai misteri hingga sekarang. Terowongan ini dibangun pada Desember 1991 dan diresmikan pada Maret 1993.

Berbagai rumor beredar, sebelum dibangunnya Terowongan tersebut, Kawasan itu ternyata kuburan massal.

Baca Juga: Daftar Negara yang Bebas Visa untuk Wisatawan Indonesia

Menurut cerita masyarakat, ada penampakan hantu korban pemerkosaan yang sering muncul dan menampakkan diri.

Adapun cerita lain yang menyebutkan tentang hantu nenek yang berkeliaran di terowongan Casablanca tersebut.

2. Menara Saidah

Menara Saidah juga memiliki cerita mistis dari pengakuan warga sekitar. Menara yang berlokasi di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan ini dibiarkan terbengkalai sejak 2007.

Memiliki konsep bangunan bergaya Romawi, dan terkenal angker, salah satu ceritanya adalah kisah lampu yang menyala sendiri, penampakan wanita berbaju merah dan sering terdengar suara tangisan di lantai dasar Menara Saidah.

Baca Juga: Mengenal Pengganti Liz Truss: Rishi Sunak, Orang Asia Pertama yang Jadi PM Inggris

3. TPU Jeruk Purut

Pemakaman Umum Jeruk Purut yang berada di Kelurahan Cilandak Timur, Jakarta Selatan menyimpan cerita mistis yang sudah tersebar. Menurut cerita, ada penampakan pendeta lumpuh yang membawa kepalanya sendiri di sekitar TPU.

Dikatakan bahwa ketika terdengar suara anjing mengaung, itu adalah pertanda Hantu Pendeta tersebut muncul. Kisah ini pun sudah tersebar luas di masyarakat dan Fenomena hantu jeruk purut ini telah difilmkan.

4. Taman Langsat

Taman Langsat terkenal memiliki pepohonan hijau yang menyejukkan, dan terdapat banyak spot foto yang menarik. Taman yang menjadi tempat penampungan bibit pohon ini sering dijadikan tempat penyuluhan tentang tanaman.

Namun, di balik kesejukan taman tersebut, ternyata menyimpan cerita mistis yang dirasakan pengunjung dan masyarakat. Konon, beberapa penampakan makhluk halus seperti Kuntilanak yang sering menampakkan diri di pepohonan taman ini.

Baca Juga: Terjerat Kasus Pencemaran Nama Baik, Intip Koleksi Mobil Nikita Mirzani

5. Stasiun Tua Manggarai

Stasiun Manggarai yang berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan sudah beroperasi sejak tahun 1918. Stasiun ini merupakan tempat penyimpanan terakhir gerbong-gerbong tua yang sudah tak layak jalan dan bekas kecelakaan.

Salah satu peristiwa kereta tragedi Bintaro yang merupakan kecelakaan kereta api terparah di Indonesia dan menewaskan ratusan korban jiwa.

Beberapa keanehan sering terjadi di stasiun tersebut, seperti kemunculan penampakan, suara-suara aneh, hingga ada anak-anak yang sedang bermain saat tengah malam di Stasiun Manggarai.

Keangkeran stasiun tersebut sudah menyebar sampai Kejadian ini dibuatkan film yang berjudul Kereta Hantu Manggarai.

Editor


Komentar
Banner
Banner