Table Manner

Jangan Tertukar! Ini Jenis Makanan Appertizer, Main Course, dan Dessert

Dalam Table Manner ada urutan dan tata cara makan yang baik dan tepat.

Featured-Image
Urutan Makanan dalam Table Manner (Foto: TheAsianParent)

bakabar.com, JAKARTA - Setiap tempat memiliki tata cara makan atau kebiasaan yang berbeda-beda. Dalam Table Manner ada urutan dan tata cara makan yang baik dan tepat.

Dimulai dari Appertizer,Main Course, dan Dessert. Ketiga istilah ini sering dijumpai ketika mengunjungi restoran bintang lima atau ketika makan di hotel.

Urutan menyantap makanan itu tersebut datang dari budaya atau kebiasaan masyarakat Eropa.

Di mana dalam menyajikan makanan dengan menu secara lengkap disebut sebagai Full Course Meal. Anda akan disuguhi dengan hidangan secara bertahap.

1. Appertizer

Appertizer merupakan hidangan pembuka yang pertama kali disajikan dalam tahapan makanan.

Menu Appetizer (Foto:Orami)
Menu Appertizer (Foto:Orami)

Makanan ini disajikan sebelum makanan utama dengan rasa asam, asin atau pedas. Sajian makanan pembuka ini biasanya ringan dan dalam porsi kecil dengan tujuan untuk membangkitkan selera makan.

Appertizer terdiri dari dua jenis yaitu cold appertizer dan hot appertizer. Cold Appertizer berarti hidangan pembuka yang melalui proses pendinginan terlebih dahulu sebelum disajikan di meja makan seperti salad, chilled fruit cocktail, shrimp cocktail.

Sedangkan Hot appertizer merupakan hidangan pembuka yang biasanya disajikan ketika suhu sedang panas-panasnya, seperti canape, croquette, fritture.

2. Main Course

Main Course adalah hidangan utama yang dihidangkan dalam porsi yang jauh lebih banyak dari appertizer. Sajian menu ini terdiri dari daging, ikan, atau protein lainnya.

Menu Main Couse (Foto: Hotelier)
Menu Main Couse (Foto: Hotelier)

Main Course ini tersusun dalam Dinner Plate yang dikombinasikan antara karbohidrat yang didapat dari nasi ataupun kentang, sayuran seperti salad dan lauk pauk seperti sumber protein pada daging dan ikan. 

3. Dessert

Dessert adalah sajian yang dihidangkan sebagai penutup dari sebuah hidangan yang disajikan setelah Main Course.

Menu Dessert (Foto: Rukita)
Menu Dessert (Foto: Rukita)

Makanan penutup ini berfungsi sebagai pencuci mulut untuk menghilangkan kesan dari hidangan sebelumnya.

Macam dan jenis dessert yang beragam serta tampilan yang menarik membuat hidangan penutup ini menjadi hidangan yang digemari oleh kebanyakan orang.

Dessert cenderung memiliki cita rasa manis yang memanjakan lidah. Awalnya hidangan penutup ini hanya berupa buah-buahan segar.

Namun, seiring perkembangan zaman, varian jenisnya semakin beragam seperti contohnya berbagai jenis olahan cake, banana split, pudding, pie, es krim, dan masih banyak lagi.

Itulah penjelasan singkat mengenai urutan sajian dalam Table Manner. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner