Tips Perjalanan

Jangan Konsumsi Makanan Ini kalau Tak Mau Mabuk di Perjalanan

Mabuk saat perjalanan adalah momok bagi seorang traveler. Bukan tanpa alasan, sebab kondisi tersebut bisa merusak agenda lantaran rasa mual yang diderita.

Featured-Image
Ilustrasi mabuk di perjalanan. Foto: Lifepal.

bakabar.com, JAKARTA – Mabuk saat perjalanan adalah momok bagi seorang traveler. Bukan tanpa alasan, sebab kondisi kurang nyaman tersebut bisa merusak rangkaian agenda lantaran rasa mual yang diderita.

Mabuk perjalanan sejatinya dikarenakan kondisi otak yang tidak dapat memahami sinyal gerakan yang dikirim oleh mata, telinga, dan tubuh saat sedang di perjalanan. Kondisi tersebut menyebabkan penderitanya merasakan pusing dan mual di dalam kendaraan yang bergerak.

Menurut penelitian yang dikutip dari lama Alodokter menyebutkan jika di beberapa negara, setidaknya 46% responden pernah mengalami mabuk perjalanan, terutama saat berkendara dengan mobil.

Selain tubuh yang kurang sehat, penyebab mabuk perjalanan bisa dikarenakan salah mengonsumsi makanan tertentu.

Oleh sebab itu, memilih makanan yang tepat merupakan menjadi faktor penting yang harus dicermati agar masalah pencernaan tidak terganggu selama perjalanan.

Nah, merangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 jenis makanan yang harus dihindari agar tidak mengalami mabuk selama di perjalanan:

1. Keju

Tak jarang orang memilih makanan yang praktis sebelum perjalanan, seperti mengonsumsi olahan keju dalam bentuk sandwich atau makanan beku patut dihindari.

Sebab, makanan ini dapat menimbulkan efek samping setelah mengonsumsinya. Yakni dikarenakan makanan tersebut menggunakan bahan beku yang tidak segar dan menjadi rumah bagi bakteri dan mikroorganisme sehingga berpotensi menimbulkan rasa mual saat perjalanan. 

2. Minuman Besoda dan Alkohol

Minuman bersoda maupun alkohol patut dihindari saat melakukan perjalanan. Hal ini lantaran gas dari minuman berkarbonasi ini akan membuat perut merasa kembung dan menaikkan asam lambung yang membuat perut menjadi tidak nyaman selama perjalanan.

3. Makanan Berat

Banyak yang berasumsi jika mengonsumsi makanan berat sebelum berpergian akan membuat perut terisi dengan baik. Namun, hal ini sepenuhnya tidak benar dan sebaiknya hindari untuk sarapan yang terlalu kenyang.

Sebab asupan karbohidrat yang berlebihan justru dapat menyebabkan mengantuk, apabila bagi Anda  yang menjadi pengemudi.

Nasi dengan kadar gula dalam darah yang berlebih akan membuat insulin yang diproduksi makin banyak. Insulin menghasilkan hormon serotonin dan melatonin yang membuat tubuh merasa timbul kantuk.

4. Makanan Pemicu Gas

Pada saat perjalanan, Anda harus menghindari makanan yang berbau tajam dan memicu gas seperti durian, jengkol, atau perai. Makanan ini dapat membuat pusing dan mual di dalam kendaraan. 

Selain itu, makanan tersebut dapat memicu kembung dan membuat perut terasa tidak nyaman selama di perjalanan.

5. Gorengan

Kendati rasanya nikmat, namun pastinya Anda tahu betapa tidak sehatnya mengkonsumsi gorengan. Sebab, selain banyak mengandung lemak yang dapat mengganggu proses pencernaan dalam tubuh.

Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan juga dapat menyebabkan batuk-batuk dan menjadi sumber berbagai penyakit lainnya. Kondisi kurang nyaman itu dapat berimplikasi pada perjalanan Anda.

6. Junk Food

Jika Anda hendak traveling dengan menggunakan pesawat, mengkonsumsi junk food akan membuat Anda merasakan heartburn atau sensasi terbakar pada dada akibat naiknya asam lambung ke dalam esofagus saat ketinggian mencapai 35 ribu kaki.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda hendak melakukan perjalanan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Editor
Komentar
Banner
Banner