Stiker Mobil

Jangan Ikut-ikutan, Kenali Bahaya Pasang Stiker 'Happy Family' di Mobil

Memasang stiker pada mobil merupakan hal yang biasa dilakukan oleh pemilik kendaraan. Namun, tahukah Anda ternyata ada stiker yang bisa mengundang kejahatan.

Featured-Image
Kenali bahaya pasang stiker Happy Family di mobil. (Foto: dok. Blibli)

bakabar.com, JAKARTA - Memasang stiker pada mobil merupakan hal yang biasa dilakukan dan lumrah bagi pemilik kendaraan.

Stiker yang ditempel biasanya untuk sekadar hiasan, apresiasi komunitas atau bahkan untuk mempromosikan produk atau usaha.

Tapi di antara stiker tersebut ada satu yang cukup berbahaya dan mengundang kejahatan yang mengancam keamanan pemilik kendaraan maupun keluarganya.

Stiker itu adalah 'Happy Family' yang biasanya bergambarkan Ayah, Ibu, Kakak, dan Adik, dengan terdapat nama asli di dalamnya.

Baca Juga: Mitsubishi New Xpander 2023 Makin Canggih dengan Tambahan Fitur Baru

Lantas mengapa stiker yang menggambarkan ikatan sebuah keluarga tersebut bisa berbahaya?

"Stiker 'Happy Family' secara tidak langsung sebenarnya menginformasikan data nama-nama keluarga yang seharusnya terjaga. Terutama nama anak-anak," kata Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SCDI), Sony Susmana saat dihubungi apahabar, Senin (26/12).

Ia menegaskan bahwa stiker tersebut bisa membuat celah pelaku kejahatan untuk bertindak mengatasnamakan nama-nama tersebut.

Baca Juga: Awas! Jangan Bagikan Foto Vulgar untuk Cegah Kekerasan Berbasis Gender Online

Dikatakannya, berbagai macam kejahatan bisa berupa penculikan anak, masuk rumah atas suruhan orang lain, bahkan sampai penipuan melalui telepon dengan menggunakan nama-nama anggota keluarga.

"Apresiasi dalam menempel stiker 'Happy Family' itu boleh-boleh saja, tetapi lihat bahaya dan untung-ruginya," tukasnya.

"Stiker di mobil sebaiknya tidak dipasang supaya penjahat tidak bisa menandai kendaraan tersebut. Terutama stiker Happy Family," tutupnya.

Hal yang disampaikan oleh pakar keselamatan itu memang masuk akal lantaran kejahatan terjadi karena adanya kesempatan. Jadi, tetap waspada ya!

Editor
Komentar
Banner
Banner