News

Waspada! Puncak Air Pasang di Banjarmasin 29 April 2024

Tinggi air pasang atau banjir rob di Kota Banjarmasin diprediksi akan mencapai puncaknya pada 29 April 2024.

Featured-Image
Tinggi air pasang atau banjir rob di Kota Banjarmasin diprediksi akan mencapai puncaknya pada 29 April 2024. Foto: Ilustrasi/CNNIndonesia

bakabar.com, BANJARMASIN - Tinggi air pasang atau banjir rob di Kota Banjarmasin diprediksi akan mencapai puncaknya pada 29 April 2024.

Kepala Bidang Sungai Dinas PUPR Banjarmasin, Hizbulwathony menerangkan banjir rob sering terjadi ketika sore hari dengan ketinggian sekitar 2,4 hingga 2,5 meter. Ketinggian ini dimulai sejak 27 Maret hingga 4 April lalu.

"Kalau puncaknya tanggal 29 April,” ujarnya.

Oleh karena itulah, Dinas PUPR Banjarmasin selalu melakukan pemantauan untuk antisipasi situasi terburuk ketika banjir rob.

Antisipasi pemantauan tinggi air dilakukan bersama BPBD Kota Banjarmasin. Tak hanya itu, rencananya, pasukan turbo juga dikerahkan.

"Pasukan turbo ada yang di sungai dan ada juga yang bertugas membersihkan tumpukan lumpur di drainase. Ini dilakukan agar ketika air pasang, akan mudah surut," bebernya.

Sejauh ini, Ia menyampaikan untuk penanganan pasang yang paling efektif adalah dengan menggunakan pintu air dan pompa.

Ia mengakui jika pihaknya masih belum memadai untuk pintu air tersebut.

Terlebih Banjarmasin diperkirakan sebagai lokasi terdampak. Apalagi dalam rilis BMKG, Masyarakat dihimbau berhati-hati pada pukul 11.00-18.00 WITA. Bahkan ketinggian maksimum diperkirakan mencapai 2,9 meter.

Editor


Komentar
Banner
Banner