Info Pendidikan

Jangan Galau! Lakukan 5 Hal Ini jika Tidak Lolos SNBP 2023

Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 sudah diumumkan pada Selasa (28/3). Bagi Anda yang tidak lolos jalur ini, jangan berkecil hati

Featured-Image
Ilustrasi sedih melihat hasil seleksi yang tak sesuai ekspektasi (Foto: Depositphotos)

bakabar.com, JAKARTA – Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 sudah diumumkan pada Selasa (28/3) kemarin. Bagi Anda yang tidak lolos jalur ini, janganlah berkecil hati.

Ketimbang sedih berlarut-larut, sebaiknya persiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN) lain, seperti UTBK-SNBT atau Seleksi Mandiri. Terus memikirkan hal yang sudah berlalu hanya sia-sia, justru dapat mengganggu kesehatan fisik maupun mental. 

Kalau sudah begitu, Anda bakal merugikan diri sendiri. Tubuh yang mestinya bisa diajak kompromi untuk mempersiapkan ujian masuk PTN selanjutnya, malah tergeletak lemah tak berdaya.

Anda tentu tak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Untuk itu, jika mulai merasa galau dengan hasil yang mengecewakan, sebaiknya lakukan beberapa hal ini:

Rehat sejenak dengan cara yang tepat

Merasakan sedih dan kecewa akan kegagalan merupakan hal manusiawi. Namun, jangan sampai perasaan tersebut terus berlanjut sampai berlarut-larut. 

Solusinya, keluarkan segala ganjalan di hati ke orang terdekat atau psikolog. Hal ini akan membantu kembali berpikir jernih, sehingga bisa segera bangkit dan menyusun alternatif rencana ke depannya.

Kalau diperlukan, Anda juga bisa rehat sejenak dari media sosial. Terlalu sering melihat kehidupan orang lain bisa membuat diri sendiri merasa ‘gagal’, sehingga menyebabkan perasaan insecure dan overthinking yang akan berimbas pada kesehatan mental.

Persiapkan diri menghadapi UTBK-SNBT

Apabila perasaan serta pikiran sudah mulai jernih, langkah selanjutnya adalah persiapkan diri untuk menghadapi UTBK-SNBT. Carilah informasi penting secara menyeluruh tentang seleksi ini. 

Pelajari dan perdalam materi-materi ujian agar mampu menghadapi ujian tersebut dengan lebih matang. Selain memperdalam materi UTBK-SNBT, perlu juga mengikuti try out.

Dengan mengerjakan simulasi ujian ini, Anda bisa mendapat gambaran mengenai tes yang sebenarnya. Sekaligus, memperkirakan seberapa besar peluang masuk jurusan dan PTN impian.

Susun alternatif rencana

Sekali pun sudah berusaha semaksimal mungkin untuk UTBK-SNBT, Anda perlu menyusun alternatif rencana manakala hasil ujian itu tak sesuai yang diharapkan. Hal ini bukan berarti pesimis dan tidak percaya dengan diri sendiri. 

Rencana cadangan diperlukan agar nantinya tidak kelabakan saat realita tak berjalan semulus ekspektasi. Misalnya, buat alternatif untuk mengikuti ujian mandiri di sejumlah PTN. Carilah informasi selengkapnya tentang seleksi ini.

Sebab, proses seleksi mandiri di tiap PTN juga berbeda. Ada yang mengharuskan ujian lagi, namun ada juga yang menyeleksi berdasarkan nilai UTBK-SNBT.

Coba perguruan tinggi swasta

Jika masih belum bisa masuk PTN impian usai mencoba jalur SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri, tidak ada salahnya mencari tahu perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik.

Jangan berkecil hati, sebab kualitas pendidikan PTS saat ini tak kalah bagus dengan PTN. Bahkan, ada jurusan-jurusan tertentu yang ternyata lebih baik daripada PTN.

Daftar sekolah kedinasan

Selain PTN dan PTS, Anda juga bisa mendaftar ke sekolah kedinasan. Sekolah ini cukup diminati karena menjanjikan masa depan cerah bagi lulusannya, di mana bisa langsung bekerja menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Itulah lima hal yang bisa dilakukan ketika tidak lolos SNBP 2023. Kecewa dan sedih merupakan hal wajar, namun manfaatkanlah keduanya menjadi semangat baru untuk menghadapi peluang lain.

Apa pun hasilnya nanti, jangan pernah menyalahkan diri sendiri. Justru sebaliknya, berterima kasihlah pada diri sendiri karena bisa menerima masa-masa sulit dengan tegar.

Editor


Komentar
Banner
Banner