Info Pendidikan

5 Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri Khusus untuk Perempuan

Sejumlah beasiswa ini memungkinkan kaum hawa menempuh studi di banyak negara, seperti Amerika, Asia, Eropa, bahkan Afrika

Featured-Image
Ilustrasi beasiswa perempuan. Foto: Girls Beyond.

bakabar.com, JAKARTA - Tak sedikit pelajar Indonesia yang bermimpi mengenyam pendidikan sampai ke negeri orang. Kabar baiknya, impian itu bisa terwujud dengan mudah berkat program beasiswa dari berbagai instansi.

Beasiswa itu pun menyasar target berbeda. Ada yang menargetkan pelajar berprestasi, orang dengan keterbatasan finansial, bahkan ada pula yang dikhususkan bagi gender tertentu, yakni perempuan.

Pendanaan tersebut memungkinkan kaum hawa menempuh studi di banyak negara, seperti Amerika, Asia, Eropa, bahkan Afrika. Program ini juga mencakup uang saku atau tunjangan dengan total mencapai ratusan juta per tahun.

Lantas, beasiswa apa sajakah itu? Merangkum berbagai sumber, berikut informasinya:

1. Margaret McNamara Education Grants

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa perempuan dari negara berkembang. Tersedia 25 kuota setiap tahun untuk berkuliah di Amerika, Kanada, Afrika Selatan, ataupun Amerika Latin.

Pendanaan ini mencakup tunjangan biaya kuliah sebesar USD7.000 hingga USD15.000. Nominal tersebut setara Rp100 juta hingga Rp230 juta.

Adapun persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa ini, di antaranya berasal dari negara berkembang (termasuk Indonesia), berusia minimal 25 tahun, dan tidak berasosiasi dengan IMF, Bank Dunia, atau Inter-American Development Bank.

Informasi lebih lanjut tentang Margaret McNamara Education Grants bisa dicek pada laman https://www.mmeg.org/

2. Beasiswa Association of University Women (AAUW)

Beasiswa AAUW dikhususkan bagi mahasiswa perempuan yang ingin melanjutkan jenjang S2 dan S3 di Amerika Serikat. Pendanaan ini mencakup tunjangan pendidikan sebesar USD18.000 hingga USD30.000 atau Rp276 juta sampai Rp461 juta.

Adapun persyaratan umum bagi peserta yang ingin mendaftar Beasiswa AAUW, antara lain telah memiliki gelar sarjana, bukan Warga Negara Amerika Serikat, skor TOEFL iBT minimal 79/TOEFL PBT minimal 550.

Informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa AAUW bisa diakses di laman https://www.aauw.org/resources/programs/fellowships-grants/current-opportunities/international/

3. FINCAD Women in Finance Scholarship

Beasiswa FINCAD ditujukan bagi perempuan yang memiliki minat di bidang keuangan, capital markets, dan manajemen risiko keuangan. Berbeda dengan program lain yang menerbangkan mahasiswa ke luar negeri, beasiswa ini hanya memberi pendanaan.

Pendanaan tersebut diberikan kepada mahasiswa perempuan yang sedang berkuliah finance di jenjang sarjana maupun pascasarjana. Tunjangan itu sebesar USD20.000 atau setara Rp307 juta.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman https://fincad.com/about

4. Google Women Techmakers Scholars Program

Layaknya Beasiswa FINCAD, pendanaan dari Google ini juga bukan diberikan bagi mahasiswa yang hendak kuliah di luar negeri. Melainkan, memberi tunjangan tahunan kepada wanita yang sedang berkuliah di bidang teknologi.

Beasiswa ini memberikan tunjangan pendidikan tunai sebesar USD10.000 atau sekitar Rp153 juta kepada wanita yang sedang berkuliah di bidang Ilmu dan Teknologi Komputer. Baik saat mahasiswa itu masih S1 maupun S2 dan S3.

Tak cuma itu, para penerima beasiswa juga akan diundang ke kantor regional Google. Untuk informasi selengkapnya, silakan cek di laman https://buildyourfuture.withgoogle.com/scholarships/google-scholarship-recipients/

5. Beasiswa Perdamaian Internasional PEO

Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa perempuan yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Amerika Serikat atau Kanada. Pendanaan tersebut mencakup tunjangan pendidikan tunai sebesar USD12.500 atau Rp192 juta.

Adapun persyaratan umum untuk mengikuti beasiswa ini, antara lain bukan warga negara AS atau Kanada, dan memenuhi persyaratan untuk menjadi mahasiswa di universitas terakreditasi di kedua negara tersebut.

Informasi selengkapnya bisa dicek melalui situs http://www.peointernational.org/ips-eligibility-requirements

Editor


Komentar
Banner
Banner