Manfaat Cangkang Telur

Jangan Dibuang! Cangkang Telur Punya Manfaat yang Tak Terduga

Dari beragam manfaat telur, tahukah Anda bahwa cangkang telur juga memiliki beberapa manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Featured-Image
Manfaat Cangkang Telur (Foto: dok. KlikDokter)

bakabar.com, JAKARTA - Telur memiliki beragam manfaat sebagai sumber protein yang berperan penting dalam menutrisi jaringan penyusun tubuh manusia seperti otot, otak, peredaran darah, tulang.

Selain itu, di dalam telur juga terdapat beberapa zat gizi yang berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem imun seperti asam amino, antioksidan, vitamin A, vitamin B12, dan mineral selenium.

Dari beragam manfaat telur, tahukah Anda bahwa cangkang telur juga memiliki beberapa manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ulasannya:

1. Menyuburkan Tanah

Kandungan kalsium karbonat yang terdapat pada cangkang telur diyakini bagus untuk tanah. Caranya, bilas dan buang lapisan halus yang terdapat dalam cangkang telur.

Baca Juga: Jelang Hallowen, Ini Lokasi Angker di Ibu Kota untuk Uji Nyali

Lalu, simpan dan keringkan cangkang telur dalam wadah. Setelah kering, hancurkan cangkang telur yang sudah bersih tersebut menjadi bagian-bagian kecil dengan menggunakan sendok.

Setelah dihaluskan, Anda dapat menaburkan dan mencampur cangkang telur tersebut ke tanah yang sudah disiapkan untuk bercocok tanam.

2. Menghapus noda bekas kopi

Jika Anda pencinta kopi, maka tak jarang terdapat noda coklat sisa kopi yang sulit dibersihkan pada gelas.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan campuran air hangat atau panas dan kulit telur yang dihancurkan sekitar sepertiga wadah yang ingin dibersihkan.

Baca Juga: 10 Ungkapan Penyemangat untuk Merayakan Hari Sumpah Pemuda

Tutup dan kocok selama beberapa menit untuk memudarkan noda kecoklatan tersebut.

3. Masker Wajah

Untuk melakukan perawatan wajah dengan menggunakan cangkang telur, Anda hanya perlu menghancurkan kulit telur sampai menjadi bubuk halus.

Kemudian campurkan cangkang telur tersebut dengan putih telur. Oleskan campuran tersebut ke kulit dengan merata dan biarkan hingga kering, lalu bilas sampai bersih dan Anda akan mendapatkan wajah yang cerah bercahaya.

4. Pembersih Peralatan rumah tangga

Hal pertama yang dilakukan adalah menumbuk cangkang telur terlebih dahulu hingga halus. Lalu, campurkan dengan air sabun dan gosokkan pada peralatan dapur seperti panci, wajan, dan sebagainya.

Baca Juga: Mengapa 'Strawberry Generation' Dianggap Lemah dalam Dunia Kerja?

5. Sebagai Obat Iritasi Kulit

Untuk mengatasi iritasi kulit, Anda cukup menambahkan cuka apel pada cangkang telur. Fungsi dari cuka apel ini adalah untuk melarutkan cangkang telur tersebut.

Biarkan selama beberapa jam,lalu oleskan larutan cuka apel dan cangkang telur pada kulit yang mengalami iritasi.

6. Mengurangi tingkat keasaman pada kopi

Tumbuk cangkang telur hingga halus kemudian campurkan pada bubuk kopi. Cangkang telur memiliki kandungan kalsium karbonat yang dapat mengurangi keasaman kopi sehingga aman untuk lambung Anda.

Editor


Komentar
Banner
Banner