Generasi Stroberi

Mengapa 'Strawberry Generation' Dianggap Lemah dalam Dunia Kerja?

Dalam buku Strawberry Generation karya Prof. Rhenald Kasali, menyatakan bahwa generasi stroberi adalah generasi banyak ide kreatif namun mudah menyerah.

Featured-Image
Ilustrasi Generasi Stroberi (Foto: dok. Tonoto Foundation)

bakabar.com, JAKARTA - Generasi Stroberi atau memiliki nama lain sebagai generasi Z yaitu generasi kelahiran 1997-2012. Generasi ini digambarkan sebagai stroberi karena buah tersebut bentuknya terlihat unik namun juga cepat hancur.

Dalam buku Strawberry Generation karya Prof. Rhenald Kasali menyatakan bahwa generasi stroberi adalah generasi yang mempunyai banyak ide kreatif namun mudah menyerah dan gampang sakit hati.

Generasi Stroberi dianggap lemah dalam dunia kerja karena memiliki karakter utama yang lemah dan mudah terluka ketika dihadapkan dengan suatu permasalahan atau situasi yang sulit.

Hal tersebut tentunya akan membuat seseorang dengan generasi ini tidak dapat bekerja di bawah tekanan perusahaan.

Adapun ciri- ciri dari generasi stroberi ini di antaranya:

Ciri-ciri Generasi Stroberi

1. Labil

Generasi stroberi tidak bisa memegang prinsip secara kuat dalam mengambil keputusan. Faktor yang mempengaruhi biasanya faktor lingkungan, hal tersebut membuat generasi stroberi labil dan tidak tetap pendirian.

2. Malas

Rasa malas yang tinggi sehingga membuat Generasi stroberi menunda pekerjaan, jika dilakukan secara terus-menerus, aktifitas pun menjadi terhambat.

3. Putus Asa

Setiap orang akan memiliki masalah yang berbeda-beda. Ketika masalah datang, tentu harus mencari solusi atau jalan keluar agar masalah tersebut selesai.

Namun, Generasi stroberi memiliki sifat cepat putus asa dan pesimis dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Fenomena ini terjadi, salah satunya karena kemudahan yang didapatkan oleh generasi sekarang yaitu kemajuan teknologi.

Tanda disadari, dampak tersebut membuat generasi ini dimanjakan oleh keinstanan, tak jarang kebanyakan dari generasi stroberi menginginkan kesuksesan secara instan. 

Dampak Generasi Stroberi

Dari beberapa ciri-ciri diatas, dapat disimpulkan bahwa generasi stroberi yang selalu ingin mencapai sesuatu dengan instan, labil dan mudah menyerah.

Hal tersebut tentunya berdampak pada para pengusaha kedepannya. Lapangan pekerjaan yang tersedia akan sulit memenuhi kriteria generasi stroberi saat ini.

Maka dari itu, generasi stroberi yang dianggap lemah karena tidak mampu bertahan dalam tekanan harus mulai berbenah diri dengan bersabar, belajar mandiri, mampu belajar dari kesalahan serta meningkatkan ketrampilan sosial.

Pasalnya, generasi stroberi sangat ketergantungan dengan teknologi saat ini seperti gadget.

Tips Agar tidak terjebak menjadi Generasi Stroberi

- Percayalah pada proses karena proses yang akan membentuk Anda memiliki mental yang kuat.

- Memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan yang sedang Anda jalankan.

- Jangan pernah menunda pekerjaan karena hal tersebut akan menghambat aktifitas lainnya.

- Tumbuhkan semangat pantang menyerah demi meraih impian Anda.

Memang tidak semua generasi muda yang ada pada masa ini merupakan generasi stroberi. Masih banyak generasi muda yang memiliki semangat dan mental yang kuat dalam menghadapi setiap tantangan.

Namun, hadirnya generasi stroberi membuat Anda harus lebih cermat dengan segala kemudahan yang ada agar berdampak positif dalam kehidupan.

Editor


Komentar
Banner
Banner