Bisnis

Hampir 10 Juta Gen Z Menganggur, Kata Menaker Sedang Cari Kerja

Menaker menyebut pengangguran terbuka didominasi masyarakat usia 18-24 tahun.

Featured-Image
Para pencari kerja memadati arena Job Fair Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). (Foto: Antara)

bakabar.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat 9,9 juta Gen Z tidak punya pekerjaan alias menganggur. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, Gen Z memang sedang dalam usia mencari pekerjaan.

Ia menyebut pengangguran terbuka didominasi masyarakat usia 18-24 tahun. Umumnya, 18 tahun adalah usia saat baru lulus SMA, dan 24 tahun adalah setelah lulus pendidikan S1.


"Memang kalau dilihat dari data, pengangguran terbuka ini banyak didominasi oleh anak usia 18-24 tahun. Itu biasanya mereka yang lebih banyak menganggur sedang mencari pekerjaan, mereka yang lulus sekolah, atau lulus kuliah. 24 tahun itu biasanya sudah lulus S1 kuliah, kalau 18 lulus SMA," katanya di Kompleks DPR, Jakarta Pusat dikutip dari detikFinance, Selasa (21/5/2024)


Tapi secara statistik, data dari Bappenas menunjukkan tingkat pengangguran terbuka sudah turun menjadi 4,8% di Februari 2024 dari sebelumnya 5,32%. Di sisi lain pemerintah terus mendorong pendidikan yang terhubung dengan pasar tenaga kerja.


"Saya kira yang terus didorong pemerintah sekarang, karena pengangguran kita ini terbanyak disumbangkan dari lulusan SMK, karena memang terjadi miss-match, adalah membangun pendidikan dan pelatihan vokasi. Itu nyambung dengan pasar kerja, terjadi link and match antara pendidikan dan pasar kerja," bebernya.


Pemerintah juga menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk mengatasi persoalan ini. Pasalnya, Kadin dianggap sebagai representasi pasar tenaga kerja yang mengetahui kebutuhan.


"Makanya pemerintah merumuskan Perpres 68 tahun 2022. Ini adalah upaya kita mengurangi miss-match dengan merevitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi. Menyambungkan, menyinkronkan dengan pasar kerja. Ini adalah perpres kolaborasi karena menyertakan Kadin, yang tahu dunia kerja, yang tahu pasar kerja adalah temen-temen pengusaha," kata Ida.(*)

Editor


Komentar
Banner
Banner