Sumpah Pemuda

10 Ungkapan Penyemangat untuk Merayakan Hari Sumpah Pemuda

Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober adalah momen bersejarah untuk mengenang jasa para pemuda dan pemudi pahlawan Indonesia

Featured-Image
Ungakapan Penyemangat Memperingati Hari Sumpah Pemuda (Foto: dok. KarangTalun)

bakabar.com, JAKARTA - Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober adalah momen bersejarah untuk mengenang jasa para pemuda dan pemudi pahlawan Indonesia.

Tahun ini, perayaan untuk memperingati semangat para pemuda pejuang bangsa tepat 94 tahun silam yang jatuh pada hari ini Jumat 28 Oktober 2022.

Hari Sumpah Pemuda dirayakan setiap tahunnya sebagai peringatan atas Kongres Sumpah Pemuda yang dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928.

Pada kongres tersebut, berbagai organisasi pemuda berkumpul untuk membakar semangat persatuan dan cinta tanah air Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa.

Peringatan ini disimbolkan sebagai persatuan dan wujud semangat membangkitkan rasa Cinta Tanah Air.

Baca Juga: 39 Tahun Berkarya, Slank Gelar Konser Bertajuk 'Beautiful Smile Indonesia Tour'

Sebagai generasi muda penerus bangsa ini, tentunya harus selalu berupaya meningkatkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Anda bisa memperingati Hari Sumpah Pemuda ini dengan beragam cara, apalagi pada masa ini sudah dimudahkan oleh kemajuan teknologi.

Ucapan Penyemangat

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengirim ucapan semangat pemuda pada orang-orang terdekat anda, dan mengunggah status di beberapa situs media sosial terkait Hari Sumpah Pemuda.

Berikut adalah 10 ungkapan Penyemangat untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda:

1. "Pemuda masa silam menggelorakan kehendak bersatu, hari ini rayakanlah Indonesia tanpa ragu."- Najwa Shihab

2. "Kita jangan mewarisi abunya Sumpah Pemuda, tapi kita harus mewarisi apinya Sumpah Pemuda." - Bung Karno

3. "Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun." - Bung Karno

4. "Kompak bukan berarti harus sama. Ayo, jadikan perbedaan sebagai sebuah kekuatan bersama."

5. Indonesia butuh generasi kuat dan tangguh. Indonesia butuh generasi yang punya tekad memajukan bangsa. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

6. Perbedaan yang ada bukanlah halangan untuk bersatu. Jadikan keberagaman sebagai alasan untuk menyatukan semuanya. Semangat menjalani nilai-nilai Sumpah Pemuda.

7. "Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang." - R. A Kartini

8. Gelorakan semangat kaum muda, bangkit pemuda Indonesia mencengkram dunia. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

9. "Negeri ini butuh banyak pemuda pencari solusi, bukan pemuda pemaki-maki." - Ridwan Kamil.

10. "Ikrarkanlah Sumpah Pemuda dengan hati dan anggota badan yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan Indonesia yang sejati." - Ir. Soekarno

Editor
Komentar
Banner
Banner