Info Kesehatan

Jaga Imunitas Tubuh saat Musim Hujan dengan Ramuan Jahe dan Kunyit

Memasuki musim hujan perlu untuk menjaga imunitas tubuh. Mengonsumsi jahe dan kunyit dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Featured-Image
Mengonsumsi jahe dan kunyit berkhasiat menjaga kekebalan tubuh

bakabar.com, JAKARTA - Menjelang musim hujan, kita perlu menjaga kesehatan agar imunitas tubuh terlindungi. Mengonsumsi jahe dan kunyit dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain digunakan untuk bahan masakan, rempah-rempah seperti jahe dan kunyit yang ada di Indonesia sangat bagus untuk menjaga imun tubuh.

Keduanya menjadi sebuah pengobatan herbal yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi terhadap penyakit dan infeksi, menghilangkan rasa sakit, serta mengurangi rasa mual.

Khasiat yang dihasilkan dari jahe dan kunyit disebabkan oleh adanya senyawa fenolik, termasuk gingerol yang dianggap memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Baca Juga: Menikmati Kopi dan Teh Rosella Borobudur di Bukit Menoreh Magelang

Kunyit mengandung senyawa kimia kurkumin yang terbukti dapat membantu mengobati dan mencegah beberapa kondisi krinis.

Berdasarkan senyawa yang dimiliki jahe dan kunyit, keduanya memiliki khasiat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yaitu:

Mengurangi Peradangan

Jahe dan kunyit memiliki anti inflamasi yang kuat sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan melindungi dari penyakit.

Dikutip dari Healthline, Sabtu (4/11), terdapat penelitian pada 120 orang penderita osteoarthritis, ditemukan bahwa mengonsumsi 1 gram ekstrak jahe per hari selama 3 bulan secara efektif dapat mengurangi peradangan dan menurunkan kadar oksida nitrat, yaitu molekul yang berperan penting dalam proses peradagangan.

Baca Juga: Hari Kesehatan Paru-Paru, Kesadaran Pentingnya Kemudahan Bernapas

Selain itu penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak kunyit dapat menurunkan beberapa penanda peradangan.

Hal tersebut sama efektifnya dengan mengonsumsi obat anti inflamasi seperti ibuprofen.

Meredakan rasa sakit

Senyawa kimia kurkumin yang terdapat pada kunyit sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit akibat radang sendi.

Penelitian pada 40 orang pengidap osteoartritis yang mengonsumsi 1.500 mg kurkumin setiap hari secara signifikan mengurangi rasa sakit dan meningkatkan imun.

Baca Juga: Berwisata dan Melihat Keindahan Ribuan Lukisan di Museum Oei Hong Djien

Jahe juga telah terbukti mengurangi nyeri kronis. Terdapat penelitian pada 74 orang yang mengonsumsi 2 gram jahe selama 11 hari secara efektif mengurangi nyeri otot akibat olahraga.

Jahe dan kunyit dapat dikonsumsi segar, dikeringkan,digiling, atau ditambahkan ke berbagai minuman dan masakan.

Meskipun bersifat non-kimia, tetap di konsumsi dalam jumlah yang wajar. Selain mengonsumsi bahan herbal, perlu menerapkan pola hidup yang sehat untuk menjaga kekebalan tubuh.

Editor


Komentar
Banner
Banner