Toyota Land Cruiser

Jadi Mobil Operasional Freeport, Seberapa Tangguh Toyota Land Cruiser Seri 70?

PT Toyota Astra Motor (TAM) melalui salah satu dealer resminya, PT Hasjrat Abadi, mengirimkan ratusan Land Cruiser seri 70 sebagai mobil operasional Freeport.

Featured-Image
Toyota Land Cruiser seri 70 ditunjuk menjadi mobil operasional Freeport Indonesia. (Foto: dok. Toyota)

bakabar.com, JAKARTA -PT Toyota Astra Motor (TAM) melalui salah satu dealer resminya, PT Hasjrat Abadi, mengirimkan ratusan Land Cruiser seri 70 sebagai mobil operasional area pertambangan di Freeport Indonesia.

Model Toyota Land Cruiser tipe 78 dan 79 ini dinilai cukup tangguh untuk menaklukkan medan tambang pertambangan emas di Freeport Indonesia yang dikenal ekstrem.

Untuk diketahui, lokasi mining site Freeport Indonesia berada di kedalaman lebih dari 1.800 meter di bawah permukaan tanah.

Hal ini tentu saja menjadi ajang pembuktian ketangguhan Land Cruiser 78 dan 79 yang memang dirancang untuk melahap berbagai kondisi medan ekstrem aspal maupun non-aspal.

Baca Juga: Pameran Indonesia Diecast Expo 2022 Siap Digelar dengan Keseruan Baru

Diperkirakan totalnya akan ada sebanyak 145 unit model Land Cruiser 78 dan 79 yang disediakan oleh TAM untuk Freeport Indonesia.

Mobil ini nantinya akan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan pertambangan, mulai dari mobilitas peralatan hingga mengangkut para pekerja.

Toyota sendiri telah bekerja sama dengan Freeport Indonesia sejak 2012 untuk memenuhi mobilitas di pertambangan.

Spesifikasi dan Fitur

Berdasarkan data pada laman resminya, Senin (10/10), Land Cruiser seri 70 tersedia dalam beberapa model, mulai dari Land Cruiser 78 dengan model hardtop, Land Cruiser 79 untuk model pikap.

Selain itu, masih ada beberapa model lain, seperti troop, wagon, double cabin dan single cabin.

Baca Juga: Toyota All New Vios Resmi Mengaspal dengan Fitur TSS, Harganya Segini

Di atas kertas SUV bongaor ini memiliki jantung pacu dengan mengandalkan mesin V8 turbo diesel berkapasitas 4.461 cc berkode 1VD-FTV, tenaga maksimum 151 kW dan torsi puncak 430 Nm.

Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke roda lewat transmisi 5-percepatan manual dan sistem penggerak roda empat (4x4).

Selain mesin diesel, Land Cruiser seri 70 ini juga hadir dalam versi mesin bensin V6 berkapasitas 3.965 cc yang mampu menghasilkan tenaga 228 dk dan torsi 360 Nm.

Soal keamanan, mobil ini dilengkapi beberapa fitur seperti ABS, Differential Locks, Vehicle Stability Control with Hill-Start Assist Control.

Baca Juga: Intip Modifikasi Toyota Avanza EV Milik Youtuber Atta Halilintar di IMX 2022

Mesin Euro 5

Toyota Land Cruiser 78 dan 79 saat ini masih dipasarkan di Australia. Sebagai mobil pekerja, Toyota mempertahankan gaya klasik pada model ini.

Namun, model yang ditawarkan telah ditanamkan fitur modern dan sudah mengadopsi standar emisi Euro 5.

Land Cruiser seri 70 memiliki kapasitas bahan bakar 130 liter dengan kemampuan towing seberat 3,5 ton.

Editor
Komentar
Banner
Banner