Sepak bola nasional

Ivar Jenner dan Rafael Struick Resmi Jadi WNI, Justin Hubner Batal?

Dua pemain calon naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia.

Featured-Image
Rafael Struick resmi jadi Warga Negara Indonesia. (Foto: dok. pssi)

bakabar.com, JAKARTA - Dua pemain calon naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia.

Hal itu dipastikan usai kedua pemain kelahiran Belanda tersebut melakukan pengambilan sumpah di di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham, Jakarta, Senin (22/5).

Jenner dan Struick dengan lantang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum pemberian status kewarganegaraan Indonesia.

Proses ini merupakan kelanjutan dari rekomendasi pelatih Shin Tae-yong. Sebelumnya mereka diproyeksi untuk membela Timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga: Madura United Beberkan Pemain Asing Baru Jelang Liga 1 Musim Depan

Namun hal tersebut gagal karena FIFA menyabut status Indonesia sebagai tuan rumah.

Setelah resmi menjadi Warga Negara Indonesia, kedua pemain tersebut berpeluang untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024, yang akan digelar di Tanah Air pada 4 hingga 12 September 2023 mendatang.

Jenner, yang kini berusia 19 tahun merupakan pemain dengan posisi gelandang. Ia saat ini membela tim muda klub Belanda Jong Utrecht dan mencatat 13 penampilan.

Sementara itu Rafael Struik yang berusia 20 tahun sudah melakukan 3 laga bersama ADO Den Haag.

Baca Juga: Sukses Bawa Timnas Juara SEA Games, Persija Liburkan Empat Punggawanya

Sedangkan satu nama pemain calon naturalisasi lainnya, Justin Hubner dikabarkan batal menjadi bagian dari rakyat Indonesia.

Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI memutuskan untuk menghentikan proses naturaliasi pemain Wolverhampton U-21 tersebut karena tidak bisa memenuhi persayaratan biaya yang diinginkan oleh kubu Hubner.

Editor
Komentar
Banner
Banner