Megaproyek IKN

Istana Negara IKN Sudah 20 Persen, Target Selesai Agustus

Pembangunan Istana Negara IKN mencapai 20 persen. Targetnya, pembangunan itu selesai Agustus 2024.

Featured-Image
Progres pembangunan infrastruktur IKN, Kamis (17/8). (apahabar.com/Arif Fadillah)

bakabar.com, BALIKPAPAN- Upacara HUT RI ke-79 rencananya akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN). Kini, pembangunan Istana Negara yang menjadi lokasi upacara itu mencapai 20 persen.

Saat ini, Istana Negara IKN masih dalam proses pembangunan infrastruktur. Rencananya, bangunan itu akan selesai pada Juli 2024.

"Fisiknya sudah (selesai) di lantai 2. Kantor presiden sudah di lantai 3-4. Juli 2024 itu harus selesai ya," jelas Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN, Silvia Halim, Minggu (20/8).

Baca Juga: Progres Megaproyek IKN Meningkat Dua Persen Sepekan

Menurut dia, pembangunan infrastruktur IKN secara keseluruhan sudah mencapai 37 persen. Meliputi Bendungan Sepaku Semoi, intake air Sungai Sepaku, Kantor Kemenko, rumah tapak menteri, Istana Presiden, dan rumah Mensesneg.

"Termasuk semua infrastruktur dasarnya, yakni jalanan air minum, air limbah, pengelolaan sampah," tambah Silvi.

Mengusung konsep 'Kota Hijau', pembangunan IKN juga ditemukan sejumlah kendala. Salah satunya kondisi alam di sana yang dibangun di tengah hutan.

Baca Juga: Investasi Megaproyek IKN, Kasatgas Belum Tahu Detailnya

Walhasil, pemerintah harus membangun infrastruktur dengan memerhatikan dampak lingkungan. Misalnya tidak boleh sembarangan menebang pohon.

"Termasuk kondisi tanah dengan kontur tidak rata, ini butuh penanganan khusus. Perlu di-treatment dulu tanahnya," tandas Silvi.

Editor


Komentar
Banner
Banner