Info Pendidikan

Intip ‘Rahasia’ Menyusun Esai Beasiswa LPDP yang Baik

Bukan sembarang tulisan, esai untuk melamar Beasiswa LPDP harus memuat sejumlah materi penting

Featured-Image
Ilustrasi beasiswa (Foto: dok. Shutterstock)

bakabar.com, JAKARTA – Pendaftaran Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2023 dibuka mulai 25 Januari dan akan ditutup pada 25 Februari. Salah satu persyaratan yang mesti disertakan untuk mendaftar program ini adalah esai.

Bukan sembarang tulisan, esai untuk melamar Beasiswa LPDP harus memuat sejumlah materi penting. Beberapa di antaranya, deskripsi diri pelamar, penjabaran mengenai solusi atas isu genting di Indonesia, serta bagaimana pelamar akan berkontribusi dengan ilmu yang diambil.

Untuk menulis tiap bagian pun tak bisa asal-asalan. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar esai terlihat lebih menarik, sehingga peluang lolos seleksi pun semakin besar.

Dikutip dari akun Instagram @schoters, setidaknya ada empat cara yang bisa diterapkan untuk menyusun esai Beasiswa LPDP agar hasilnya lebih maksimal. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Deskripsikan diri

Hal pertama yang perlu dituliskan dalam esai adalah deskripsi diri. Namun, informasi yang disampaikan pada perkenalan tersebut bukan bersifat personal, melainkan terkait dengan riwayat pendidikan.

Poin penting yang wajib dicantumkan dalam esai, antara lain perkenalan diri, latar belakang akademik, pekerjaan dan riset, serta pencapaian yang relevan.

2. Jabarkan isu penting di Indonesia beserta solusinya

Selanjutnya, jabarkan salah satu isu penting di Indonesia beserta solusi untuk mengatasinya. Bagian ini akan menjadi tolok ukur bagi reviewer untuk menilai kemampuan problem-solving pelamar.

Untuk itu, jelaskan secara detail hal apa yang bisa diperbuat demi mengatasi isu tersebut. Penjelasan ini tentunya harus relevan dengan program dan pengalaman yang dimiliki atau yang akan dipelajari.

3. Jelaskan kontribusi dari ilmu yang diambil

Pemaparan mengenai kelebihan jurusan dan universitas tujuan dapat menjadi pelengkap untuk pembahasan sebelumnya. Jelaskan bahwa ilmu yang bakal diambil akan sangat berguna untuk mengatasi isu tersebut.

4. Ceritakan soal mimpi, peran, dan cara mewujudkannya

Bagian terakhir ini harus memuat antusiasme pelamar untuk berkontribusi di Indonesia, mimpi terkait masa depan Indonesia, serta peran pelamar dalam mewujudkannya. Hal ini bisa dituangkan dengan mendeskripsikan tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang.

Tujuan tersebut bisa ditulis menggunakan teknik SMART, yaitu spesifik (spesific), terukur (measurable), dapat dicapai (achievable), realistis (realistic), dan tepat waktu (timely).

Itulah empat ‘rahasia’ menyusun esai untuk melamar Beasiswa LPDP. Selagi masih ada waktu sebelum pendaftaran ditutup, sebaiknya persiapkan esai dari sekarang agar hasilnya semakin maksimal.

Editor


Komentar
Banner
Banner