Tak Berkategori

Ini 7 Makanan Sehat yang Efektif Membersihkan Pencernaan

apahabar.com, JAKARTA – Sejumlah makanan diketahui memiliki kemampuan alami untuk membersihkan pencernaan. Setelah mengonsumsi makanan yang banyak,…

Featured-Image
Ilustrasi makanan sehat. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA– Sejumlah makanan diketahui memiliki kemampuan alami untuk membersihkan pencernaan.

Setelah mengonsumsi makanan yang banyak, membersihkan pencernaan menjadi penting untuk menjaga agar pencernaan tetap sehat. Meluruhkan tumpukan lemak dan sisa makanan di usus menjadi pekerjaan yang pertama kali harus dilakukan setelah banyak konsumsi makanan.

Melansir dari detikfood, ternyata untuk membersihkan pencernaan bisa dilakukan secara alami dengan beberapa bahan makanan. Bahkan di antaranya cukup mudah untuk didapatkan.

Berikut ini 7 bahan makanan yang direkomendasikan para ahli untuk membersihkan pencernaan menurut Eat This, Not That! (24/3) :

1. Brokoli

Beberapa jenis sayuran seperti kol, kembang kol, brokoli, dan pakcoy ternyata memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. Menambahkan sayuran ini ke dalam menu makanan dapat membantu membersihkan pencernaan dan menjaganya agar tetap sehat.

“Sayuran-sayuran ini tinggi akan serat, ini penting untuk kesehatan pencernaan dan kendali gula darah, dan juga tinggi nutrisi seperti folat, vitamin C, E dan K,” kata Kylie Ivanir.

2. Salmon

Merasa perut sudah terlalu penuh dan lingkar pinggang bertambah? Konsumsi salmon mungkin akan menjadi jawaban yang tepat.

Salmon memiliki protein yang sangat baik dan kandungan lemak ikan yang tinggi. Kandungan lemak yang meiliki sifat anti-inflamasi ini ditemukan bermanfaat bagi kesehatan kulit dan pencernaan.

3. Buah Delima

Biji buah delima memang cukup kecil. Tetapi dibalik ukurannya yang kecil, biji delima mengandung nutrisi dan manfaat yang sangat besar.

“Delima memiliki antioksidan kuat yang sangat baik yang bisa didapatkan melalui jus delima dan kulitnya. Mereka (delima) sangat memiliki kekuatan untuk sifat antioksidan bahkan melebihi red wine dan teh hijau,” kata Alicia Galvin.

4. Blueberry

Untuk membersihkan pencernaan, makan buah manis yang satu ini juga bisa membantu sekaligus memenuhi keinginan untuk makan makanan manis. Mengganti camilan manis dengan segenggam blueberry juga akan menjadi alternatif camilan yang lebih sehat.

“Banyak antioksidan yang ada pada blueberry menunjukkan sifat antiinflamasi, antidiabetes, kardio protektif dan sifat neuroprotektif,” kata Galvin.

5. Bawang Putih

Bawang putih mungkin terdengar cukup buruk karena bisa bikin napas bau. Tetapi manfaat kesehatan yang dapat diberikan oleh bawang putih sangat banyak dan begitu baik.

“Bawang putih merupakan sumber mangan, vitamin B6 juga sumber vitamin C yang baik. Kandungan sulfurnya juga ditemukan sangat baik untuk memberikan manfaat kesehatan pada sistem tubuh secara luas termasuk sistem kardiovaskular, imunitas, sistem inflamasi, sistem pencernaan, sistem endokrin dan sistem detoksifikasi,” kata Galvin.

6. Kerang

Kerang menjadi salah satu protein yang juga cukup mudah untuk diolah. Menambahkan kerang ke dalam olahan hidangan di waktu makan juga bisa menjadi salah satu cara untuk membersihkan pencernaan dan menambahkan protein.

“Kerang sangat mudah untuk didapatkan dan memberikan banyak vitamin. Pada 85 gram kerang hanya mengandung 150 kalori dan 20 gram protein, dan kandungan ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan,” kata Scott Keatley.

7. Telur

Jika ingin membuat hidangan semakin sehat, tambahkan satu hingga dua butir telur akan cukup untuk memberikan nutrisi. Konsumsi telur secara rutin dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Baik dari vitamin hingga lemak sehat.

“Telur merupakan nutrisi yang sangat baik untuk banyak diet sehat. Telur diperkaya oleh vitamin C, kolin, protein dan banyak lainnya,” kata Jenna Gorham.

Komentar
Banner
Banner