Operasi Pasar Murah

Inflasi Solo Peringkat 6 di Indonesia, TPID Rutinkan Operasi Pasar Murah

Inflasi di Solo masuk peringkat 6 di Indonesia. Inflasi Solo tersebut dikaitkan dengan armada transportasi udara yang tidak memadai.

Featured-Image
Operasi Pasar Murah di Kecamatan Pasar Kliwon. Foto : apahabar.com/Fernando

bakabar.com, SOLO - Inflasi di Solo masuk peringkat 6 di Indonesia. Sementara itu di Jawa Tengah sendiri inflasi di Solo masuk ke peringkat 2.

Menurut Arif Handoko, Kabag Perekonomian Setda Solo, masih tingginya inflasi di Solo tersebut kaitannya dengan transportasi udara.

Disampaikannya dari hasil rakor dengan kementerian perhubungan dari dirjen udara Selasa, (4/4) kemarin. Banyak permintaan pesawat namun jumlah armada pesawatnya sendiri masih sedikit.

"Pesawat itu dari operasional itukan hanya 60%. Banyak permintaan tapi pesawatnya sedikit. Apalagi sekarang mau lebaran tentunya banyak masyarakat yang menggunakan transportasi udara," ungkapnya Rabu, (5/4).

Baca Juga: Sediakan 5.300 Ton Beras, Bulog Solo Pastikan Stok Beras Aman hingga Idulfitri

Selain transportasi udara, harga beras dan cabe rawit juga mempengaruhi tingginya inflasi.

"Beras saat ini sudah masuk musim panen sudah menurun. Kemarinkan minyak sempat tinggi kemudian cabe rawit juga tinggi," katanya.

Beras medium semula dari harga Rp14.000 kini sudah menurun di pasaran harga Rp11.200 sampai Rp12.000.

Sedangkan untuk harga cabai rawit sendiri dari harga Rp 60.000/kg sekarang sudah turun menjadi Rp35.000/kg.

"Inflasi Maret kemarin 0,48 % sekarang menjadi ke 0,24 %. Operasi pasar terus kita lakukan sejak Januari berjalan terus. Tiap Selasa dan Kamis dari dinas ketahanan pangan dan juga bulog," jelasnya.

Baca Juga: Penjualan Parfum Arab di Solo Menggeliat Selama Ramadan, Omset Sentuh Rp40 Juta

Sementara itu dalam operasi pasar murah yang diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Pasar Kliwon. Beberapa bahan pokok dijual lebih murah dari harga pasar.

"Iya, lebih murah dari pasar. Ada beras, minyak, gula yang lain daging frozen juga ada. Beras di sini ada yang ada yang 50 ribu kan ada juga yang kelas-kelasan. di sini di bawah 50.000 juga ada. Yang jelas harganya di bawah harga pasar," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner