Tak Berkategori

Indonesia Bakal Punya Pabrik Roda Kereta

apahabar.com, JAKARTA – Akan ada pabrik roda kereta di Indonesia. Demikian rencana PT Barata Indonesia (Persero)….

Featured-Image
Ilustrasi kereta api. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA - Akan ada pabrik roda kereta di Indonesia. Demikian rencana PT Barata Indonesia (Persero). Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang industri manufaktur ini akan mulai melakukan pembangunan pabrik tahun ini.

  • Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero) Fajar Harry Sampurno mengatakan Indonesia masih belum bisa memproduksi roda kereta. Saat ini kebutuhan roda kereta masih impor 100%.”Dari kereta api, kita yang belum bisa buat adalah roda. Itu kita masih impor dari China, dari Eropa. Oleh karena itu mulai tahun ini insyaAllah kita mulai (bangun pabrik roda kereta),” kata Harry dalam acara ngopi BUMN di Kementerian BUMN, Jakarta.
  • Harry menjelaskan, dalam pembuatan pabrik roda itu dibutuhkan biaya sekitar Rp 500 miliar.”Investasi Rp 500 miliar untuk membuat pabrik roda karena ini pemakaiannya cukup besar di Indonesia. Ini nggak gampang bikin roda itu,” jelasnya.

Pabrik tersebut akan berlokasi di Gresik, Jawa Timur. Harry bilang, pembuatan pabrik roda ini dalam rangka memenuhi kebutuhan roda untuk kereta di Indonesia yang semakin meningkat.

“Pabriknya daerah Gresik. Mulai tahun ini kita mulai. Roda kereta api semakin lama semakin banyak selain untuk KRL, LRT, MRT, itu kira-kira kebutuhannya 20.000 pcs per tahun),” ucapnya. (dtk)

Baca Juga:Pabrik Pupuk Dolomit Bakal Berdiri di Kabupaten Batola

Baca Juga:Satpol PP Siap Tindak 3 Pabrik Tahu Diduga Buang Limbah ke Sungai Rimba

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner