Regional

Indahnya Toleransi Sepi Saat Nyepi di Bekasi

Khidmatnya pelaksanaan ibadah nyepi, 22 Maret 2023, kental terasa di Kampung Bali, Harapan Jaya, Bekasi Utara. 

Featured-Image
Suasana Nyepi di Kampung Bali yang berada di Kampung Bali, Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi (Foto: apahabar.com/Arya Putra)

bakabar.com, BEKASI - Khidmatnya pelaksanaan ibadah Nyepi, 22 Maret 2023, terasa kental di Kampung Bali, Harapan Jaya, Bekasi Utara. 

Pantauan bakabar.com, Rabu (22/3) suasana sepi menyelimuti kompleks Merpati Bali, tempat di mana sebagian umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi.

Asal tahu saja, dari 65 kepala keluarga (KK) yang tinggal di kompleks Merpati Bali, sebanyak 98 jiwa di antaranya sedang melaksanakan ibadah nyepi.

Baca Juga: Jelang Nyepi, Umat Hindu di Dwipasari Batola Siapkan Pawai Ogoh-Ogoh

"Warga Kampung Bali ada 65 KK. Jumlah warga Kampung Bali asli ada 20 KK 98 jiwa," kata Ketua RT01/09 Puji Lestari kepada awak media, Rabu (22/03).

Demi menjaga kerukunan umat beragama, per hari ini pun warga menuntup satu pintu akses masuk ke Kampung Bali.

Kampung Bali Harapan Jaya sedianya memiliki dua akses masuk. Lantaran Nyepi, sementara hanya satu pintu yang bisa digunakan warga. 

Baca Juga: Momen Libur Nyepi, Warga Ramai Kunjungi Wisata Ancol

"Yang satu kami tutup agar pedagang yang lalu-lalang tidak masuk selama perayaan Nyepi itu sendiri," kata Puji.

Puji juga telah mengimbau ke warga RT 01 yang ingin ke luar rumah dengan membawa kendaraan harus menyalakannya di tempat yang tidak ada umat Hindu.

"Kalaupun ke luar rumah, motor dituntut sampai ke tempat yang aman atau tidak ada Umat Hindu itu sendiri yakni di pintu bagian barat," katanya.

Sekadar tahu, Kampung Bali Harapan Jaya sejak dua tahun terakhir sudah dipromosikan pemerintah sebagai kampung percontohan umat beragama. 

Kerukunan umat Islam dengan Hindu di kampung Bali terjalin hangat bertahun-tahun lamanya demi menjunjung sikap saling toleransi.

"Toleransi ini sudah berjalan bertahun-tahun," kata Puji.

Editor


Komentar
Banner
Banner