imos 2022

IMOS 2022 Resmi Dibuka Menhub Budi Karya Sumadi

Pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 resmi dibuka oleh Menhub Budi Karya Sumadi, (2/11/2022).

Featured-Image
Imos 2022 Resmi dibuka Hari Ini, Rabu (2/11/2022), (foto:dok apahabar.com/awan)

bakabar.com, JAKARTA - Pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 resmi dibuka oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Rabu (2/11).

IMOS 2022 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan itu akan berlangsung mulai tanggal 2 sampai 6 November.

Menhub Budi mengatakan, bahwa adanya pameran seperti ini menjadi momen pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Selain itu, kata Menhub Budi, kendaraan berbasis listrik memang didorong pemerintah agar terus dikembangkan.

Baca Juga: Setara RON 95, BP Ultimate Punya Formula Molekul Aktif

“Electric vehicle (EV) itu menjadi game changer bagi lingkungan, konsumsi bahan bakar minyak (BBM), dan banyak hal lain," ujar Menhub Budi saat pembukaan IMOS 2022, Rabu.

"Saya mengapresiasi beberapa merek besar mulai menghadirkan EV, karena selama ini tekanan BBM membuat fiskal APBN kesulitan, padahal ada option untuk beralih ke EV," sambungnya.

Menurutnya, masa recovery selama masa Covid-19 ini cukup membanggakan, sehingga pak presiden menginginkan adanya satu pertumbuhan yang konsisten minimal lima persen itu sebagian terjawab dari apa ada di pameran ini.

“Produksi roda dua sebanyak 5,4 juta dalam 1 tahun menghasilkan uang lebih dari Rp 100 triliun dalam industri, Ini belum termasuk suku cadangnya, membayar pajak, belum lagi bisa memberikan kesempatan kerja pada 2 juta orang itu satu yang mulia," pungkasnya.

Baca Juga: Cara Yamaha Peringati Hari Sumpah Pemuda, Riding bersama Komunitas di Jabodetabek

Di sisi lain, Industri sepeda motor sempat terdampak pandemi, namun mulai tumbuh 38% pada 2021, sementara hingga September telah diproduksi 3,6 juta unit sepeda motor.

Dengan adanya IMOS 2022, di akhir tahun 2022 bisa tercapai target 5,1 hingga 5,4 juta unit sepeda motor.

Ketua Umum Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) Johannes Loman, mengatakan dengan berkurangnya kasus Covid-19, pihaknya optimistis pameran ini menjadi titik balik pertumbuhan industri sepeda motor.

"Setelah sempat absen sejak pandemi Covid-19, kini kami yakin IMOS 2022 akan bisa menjadi titik balik pertumbuhan industri sepeda motor sekaligus jadi tonggak lahir dan tumbuhnya teknologi dan tren baru industri ini di Tanah Air," ujarnya.

Baca Juga: Beragam Fungsi Lampu Indikator pada Kendaraan yang Perlu Diketahui

IMOS 2022 menghadirkan lebih dari 65 merek berpartisipasi, termasuk di dalamnya 25 merek sepeda motor dan 14 merek sepeda motor listrik.

Sebut saja Honda Motor, Kawasaki, Suzuki, Yamaha, Benelli, Husqvarna, Italjet, Keeway, KTM, Royal Alloy, Royal Enfield.

Produsen mobil listrik juga hadir mulai dari Davigo, Energica, ION Mobility, NIU, Polytron, Treeletrik.

Baca Juga: Tidak Boleh Asal! Begini Aturan Modifikasi Pelat Nomor Kendaraan

Sementara Smartby EV Centre akan memamerkan U-Winfly, Volta, ECGO, BF Goodrich, Sunrace, Bravo, Goda dan I Moto.

Ragam industri pendukung otomotif lainnya juga hadir seperti ban, helm, aksesoris dan apparel, minyak pelumas, spareparts dan berbagai perlengkapan otomotif lainnya.

Untuk harga tiket masuk weekdays (Rabu – Kamis) dijual Rp20 ribu dan tiket weekend (Jumat – Minggu) Rp30 ribu yang bisa dibeli melalui Aplikasi Auto360.

Editor
Komentar
Banner
Banner