pilpres 2024

Hindari Pilpres Berbau SARA, Jokowi: Jauhi Politik Agama!

Presiden Joko Widodo memberi pesan kepada calon presiden dan calon wakil presiden selanjutnya untuk menjaga sauasana politik agar tetap adem.

Featured-Image
Presiden Joko Widodo. (Foto: Setkab)

bakabar.com, SOLO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi pesan kepada calon presiden dan calon wakil presiden selanjutnya untuk menjaga sauasana politik agar tetap adem.

"Saya titipkan untuk menjaga agar kondisifitas situasi politik itu tetap adem, kalau bisa. Kalau nggak bisa paling banter ya anget, tapi jangan panas," kata Jokowi dalam sambutannya di acara pembukaan Munas Hipmi, Senin (21/11).

Kendati dirinya enggan menyebutkan nama dalam memberi pesan tersebut. Namun, sebelumnya Menteri Investasi Bahlil sempat menyebutkan ada capres tersebut. Yakni Ketua DPR Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Digelar Hari Ini, Munas HIPMI XVII akan Dibuka Presiden Jokowi

"Berkaitan dengan politik pada calon-calon presiden dan calon wakil presiden yang hadir di sini, saya tidak mau sebut siapa tapi tadi secara blak-blakan Pak menteri Investasi sudah sampaikan jadi saya tidak nggak usah mengulang," ujar Jokowi.

Salah satunya agar politik tetap dalam suasana yang adem adalah dengan menjauhkan politik agama untuk kepentingan Pemilu.

"Politisasi agama, jangan! kita sudah merasakan dan itu terbawa lama," tegasnya mantan Walikota Solo itu.

Tak hanya politisasi agama, Jokowi meminta capres dan cawapres untuk menghindari politik SARA hingga politik identitas.

"Jangan, sangat berbahaya bagi negara sebesar Indonesia yang sangat beragam," imbuhnya.

Baca Juga: Buka Munas Hipmi, Jokowi Sebut Indonesia Berada di Puncak Kepemimpinan Global

Mantan Gubernur DKI itu berharap agar kondisi perpolitikan dalam negeri tidak terlalu tegang. Ia mengingatkan soal situasi dunia saat ini yang rentan.

"Kita harus semua menjaga agar kondusivitas situasi politik itu tetap adem, kalau bisa. Paling banter anget, tapi jangan panas," jelasnya.

Selain Jokowi, sejumlah tamu penting lainnya juga akan hadir dalam acara tersebut, yakni Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca Juga: Tambah Pendanaan IKN, Presiden Jokowi Ajak Investor Hong Kong

Selanjutnya ada Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Kapolri Listyo Sigit.

Diketahui, tiga kandidat calon Ketua Umum BPP HIPMI yang telah lolos verifikasi adalah Anggawira, Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI, Akbar Himawan Buchari, Wakil Ketua Umum BPP HIPMI, dan Bagas Adhadirgha, Sekretaris Jenderal BPP HIPMI.

Editor


Komentar
Banner
Banner