munas hipmi

Buka Munas Hipmi, Jokowi Sebut Indonesia Berada di Puncak Kepemimpinan Global

Presiden RI Joko Widodo menyebut Indonesia saat ini tengah berada dipuncak kepemimpinan global.

Featured-Image
Presiden Joko Widodo menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Hipmi yang digelar di Solo. (Foto: apahabar.com/Leni)

bakabar.com, SOLO - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia saat ini tengah berada di puncak kepemimpinan global. Kondisi tersebut disebabkan karena Indonesia telah menyelesaikan presidensi KTT G20 yang diselenggarakan di Bali beberapa waktu lalu.

"Kita baru saja menyelesaikan KTT G20 di Bali, ini adalah sebuah amanat dan kehormatan besar dan betul-betul kita berada di puncak kepemimpinan Global saat ini," katanya saat memberi sambutan dalam acara Munas Hipmi XVII yang berlangsung di Hotel Alila, Solo, Senin (21/11).

Selain itu, ia juga menyebut Indonesia saat ini juga menjadi Ketua Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Baca Juga: Digelar Hari Ini, Munas HIPMI XVII akan Dibuka Presiden Jokowi

Orang nomor satu di Indonesia itu mengingatkan, bahwa semua pencapaian itu tidak diperoleh dengan mudah. Butuh sebuah kepercayaan terlebih dahulu untuk mencapainya.

"Kalau kita jadi pengusaha, yang kita bangun adalah kepercayaan orang terhadap kita," lanjutnya.

Karena itu sebagai negara kawasan, untuk bisa bersaing dengan negara lain, kita butuh membangun sebuah kepercayaan international dan kepercayaan negara lain terhadap Indonesia.

"Ini yang tidak mudah (kepercayaan), kenapa, negara lain percaya kepada kita, karena memang kita bisa dipercaya," imbuhnya.

Jokowi menambahkan kepercayaan negara lain kepada Indonesia dikarenakan memiliki perekonomian yang stabil. Bahkan salah satu yang terbaik di antaranya negara anggota G20, yakni pertumbuhan ekonomi Kuartal III-2022 mencapai 5,72 persen, serta inflasi di angka 5,7 persen.

Baca Juga: Gelar Debat Final, 3 Caketum BPP Hipmi 2022-2025 Saling Adu Gagasan

"Dalam cakupan besar sebuah negara juga seperti itu. Jadi kita harus meningkatkan angka-angka yang baik seperti yang tadi saya sampaikan. Inflasi maupun pertumbuhan ekonomi kita harus kita jaga dan kita tingkatkan. Itu hasil kerja keras bapak ibu, para pengusaha yang ada si hadapan saya," ungkapnya.

Selain Jokowi, sejumlah tamu penting lainnya juga akan hadir dalam acara tersebut, yakni Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Kapolri Listyo Sigit.

Diketahui ketiga calon Ketua Umum BPP Hipmi yang tengah menghadiri Musyawarah Nasaional (Munas) Hipmi adalah Anggawira, Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Hipmi, Akbar Himawan Buchari, Wakil Ketua Umum BPP Hipmi, dan Bagas Adhadirgha, Sekretaris Jenderal BPP Hipmi.

Editor


Komentar
Banner
Banner