Relax

Heboh Non-Biner, Ini Deretan Artis yang Pernah Mengaku Gender Netral

apahabar.com, JAKARTA – Baru-baru ini, jagat maya tengah dihebohkan dengan video yang memperlihatkan mahasiswa baru Universitas…

Featured-Image

bakabar.com, JAKARTA – Baru-baru ini, jagat maya tengah dihebohkan dengan video yang memperlihatkan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin (Unhas) diusir dari acara orientasi. Pasalnya, mahasiswa Fakultas Hukum itu mengaku bergender netral alias non-biner.

Melansir Medical News Today, non-biner atau non-binary adalah istilah yang mendeskripsikan bahwa seseorang tidak mengidentifikasi dirinya sebagai lelaki atau perempuan. Mereka dapat menentukan identitas gender selain istilah biner, dan biasanya menggunakan kata ganti lebih umum, yakni dia/mereka atau they/them.

img

Istilah non-biner sendiri boleh dibilang masih sangat tabu di Indonesia, berbanding terbalik dengan negara barat seperti Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam, orang yang mengaku non-biner cenderung mendapat sambutan hangat dari orang lain.

Oleh sebab itu, tak mengherankan bila sederet artis Hollywood menyatakan terang-terangan bahwa dirinya adalah non-biner. Lantas, siapa sajakah mereka? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Demi Lovato

Demi Lovato sempat menghebohkan penggemar lantaran mengumumkan bahwa dirinya adalah non-biner. Pengakuan ini dia sampaikan melalui Instagram-nya pada 2021 lalu. Dengan bangga, pelantun Give Your Heart a Break itu mengaku bergender netral usai melakukan introspeksi diri.

2. Sam Smith

Pada 2017, Sam Smith pernah menyatakan dirinya bukanlah lelaki maupun perempuan. Namun, kala itu, dia belum mengerti bahwa yang dirasakannya itu disebut sebagai non-biner.

Dua tahun setelahnya, pada 2019, pelantun I'm Not the Only One itu baru mengumumkan agar orang-orang memanggilnya dengan sapaan netral. Melalui Instagram-nya, Smith menegaskan tak mau disebut sebagai 'he' yang merujuk kepada lelaki, ataupun 'she' yang merujuk pada perempuan.

3. Janelle Monae

Penyanyi Jenelle Monae mengaku bergender netral melalui akun Twitter-nya pada 2021 lalu. Dia me-retweet cuitan tentang karakter non-biner dari animasi Steve Universe dan menambahkan tagar #IAmNonbinary.

4. Ruby Rose

Model dan aktris Ruby Rose merasa seorang lelaki, namun tidak terlahir dengan organ-organ tubuh yang sesuai. Untuk itu, sosok bergaya androgini ini menyatakan dirinya bergender netral pada 2014 silam.

Itulah empat artis yang terang-terangan mengaku sebagai non-biner. Apakah idola Anda termasuk salah satunya? (Nurisma)



Komentar
Banner
Banner