Piala Dunia 2022

Heboh! Ini Deretan Suporter Bola Paling Unik di Piala Dunia 2022

Kurang lengkap rasanya bila Piala Dunia tak dimeriahkan dengan kehadiran suporter bola. Para pendukung ini juga kerap menampilkan atraksi unik nan heboh.

Featured-Image
Penampilan unik suporter bola di ajang Piala Dunia (Foto: dok. Getty Images)

bakabar.com, JAKARTA - Kurang lengkap rasanya bila Piala Dunia tak dimeriahkan dengan kehadiran suporter bola. Bukan cuma bersorai meneriakkan semangat kepada tim kesayangannya, para pendukung ini juga kerap menampilkan atraksi unik nan heboh.

Sebagaimana yang terlihat pada ajang Piala Dunia 2022 di Qatar. Hari pertama pertandingan tampak dimeriahkan dengan penampilan para suporter yang mengenakan pakaian tak biasa, seperti kostum koboi, berdandan bak badut, hingga bergaya ala geisha.

Tak hanya itu, sederet suporter bola lain ternyata juga memiliki ‘tradisi’ unik dalam mendukung tim negaranya. ‘Tradisi’ itu bahkan seolah telah melekat menjadi identitas mereka. 

Lantas, suporter mana sajakah yang memiliki atraksi paling unik di ajang Piala Dunia? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

Baca Juga: Mirip Casper! Maskot Piala Dunia 2022 Multitafsir, Apa Makna Sebenarnya?

Brazil

Kehebohan pendukung Timnas Brazil memang tak perlu diragukan. Mereka biasanya bakal mendukung Neymar cs dengan mengenakan atribut lengkap, mulai dari jersey, topi, hingga membawa bendera Brazil.

Bahkan, pada ajang Piala Dunia 1958 silam, suporter Timnas Brazil ini pernah menampilkan sebuah tarian khas. Sembari meneriakkan kata “samba”, mereka menggoyangkan tubuhnya untuk menyemangati junjungannya.

Inggris

Pendukung Three Lions ini terkenal sangat berisik saat laga berlangsung. Mereka menyanyikan lagu kebangsaan Inggris selama pertandingan. Sebab itulah, mereka terkenal sebagai suporter paling militan dan royal.

Iran

Lain halnya dengan pendukung Timnas Inggris yang bangga menyanyikan lagu kebangsaan sepanjang pertandingan, suporter Iran pada ajang Piala Dunia 2022 kali ini justru enggan melantunkan himne negaranya.

Baca Juga: Profil Ghanim Al Muftah: Menggaungkan Kesetaraan dan Perdamaian di Piala Dunia

Bukan cuma pendukung, para pemain Timnas Iran itu sendiri pun menolak menyanyikan lagu kebangsaan. Beberapa suporter bahkan mengangkat bendera bertuliskan 'perempuan, kehidupan, dan kebebasan.'

Aksi yang demikian, rupanya, merupakan bentuk protes kepada Pemerintah Iran terkait isu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang bermula dari kasus kematian seorang wanita bernama Mahsa Amini.

Ghana

Suporter Ghana seringkali bersorak-sorak sambil memainkan alat musik untuk menambah kemeriahan pertandingan. Pendukung tim berjuluk The Black Starts ini juga identik dengan warna cerah, seperti merah, kuning, dan hijau.

Belanda

Tak berbeda jauh dengan suporter Ghana, pendukung Timnas Belanda juga kerap memakai pakaian berwarna cerah, yakni orens, sebagai identitas kebanggaan mereka. Tak sedikit pula yang menambahkan pernak-pernik unik, mulai dari topi hingga sepatu.

Malahan, pada ajang Piala Dunia 2010 lalu, kehebohan suporter Negeri Kincing ini kian menjadi-jadi. Betapa tidak, mereka sampai turun ke jalan melakukan konvoi untuk merayakan kemenangan atas Uruguay.

Itulah sederet suporter bola yang memiliki atraksi unik di ajang Piala Dunia. Aksi mana yang menurut Anda paling heboh?

Editor


Komentar
Banner
Banner