Maskot Piala Dunia

Mirip Casper! Maskot Piala Dunia 2022 Multitafsir, Apa Makna Sebenarnya?

Ada yang berbeda dengan maskot Piala Dunia 2022. Tak seperti ikon-ikon pendahulunya, La’eeb justru datang dari dunia paralel.

Featured-Image
La'eeb Maskot Piala Dunia 2022 yang multitafsir (Foto: dok. Infobae)

bakabar.com, JAKARTA - Ada yang berbeda dengan maskot Piala Dunia 2022. Tak seperti ikon-ikon pendahulunya yang berkarakter binatang atau benda khas negara penyelenggara, La’eeb justru datang dari ‘dunia paralel.’

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Mereka menjelaskan bahwa maskot yang digambarkan bisa terbang itu merupakan karakter jail lagi menyenangkan dari mascot-verse.

“La'eeb adalah karakter menyenangkan dan jail yang datang dari mascot-verse, dunia paralel di mana seluruh maskot turnamen hidup," demikian penjelasan FIFA, seperti dilansir dari Sporting News, Senin (21/11).

Bisa Dimaknai Sesuai Imajinasi

La’eeb sendiri, boleh dibilang, memiliki makna yang multitafsir. Sebab, pihak penyelenggara memang sengaja menjadikan maskot tersebut sebagai bagian dari imajinasi para penggemar sepak bola. 

Maskot Piala Dunia 2022 ini, kata FIFA, bisa dideskripsikan dengan berbagai kata sifat; entah itu berani, lucu, menyenangkan, jail, muda, atau berjiwa petualang. “Ini adalah dunia di mana ide dan kreativitas membentuk dasar karakter yang hidup di benak setiap orang,” tegas sang penyelenggara.

Kendati diklaim tak memiliki bentuk yang pasti, La’eeb sejatinya menggambarkan ciri khas Qatar sebagai tuan rumah ajang bergengsi empat tahunan itu. Ya, sang maskot berbentuk menyerupai kain penutup kepala yang kerap dipakai orang Timur Tengah.

Dinilai Mirip Kartun Casper

Sementara itu, sedari kali pertama diperkenalkan, tak sedikit warganet yang menilai La’eeb mirip dengan Casper, karakter animasi hantu berhati baik. Keduanya dianggap identik, salah satunya, karena sama-sama berwarna putih.

Pun begitu, banyak pula warganet yang berkelakar bahwasanya maskot Piala Dunia 2022 itu adalah ‘Casper dengan serban.’ Sebagaimana yang diungkapkan seorang jurnalis asal India, “apakah Casper si hantu ramah itu memakai serban?” cuitnya melalui akun @scoutdesk.

Kalau untuk Anda sendiri, terlihat seperti apakah maskot Piala Dunia 2022 ini?

Editor


Komentar
Banner
Banner