Piala AFF 2022

Head to Head Filipina Vs Indonesia dan Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia akan menghadapi timnas Filipina di Stadion Rizal Memorial, pada Senin (2/1) pukul 19.00 WIB yang merupakan laga terakhir di fase grup Piala AFF

Featured-Image
Head to Head Indonesia vs Filipina di Piala AFF (Foto: dok. apahabar.com)

bakabar.com, JAKARTA –Timnas Indonesia akan bertandang melawan Filipina di laga terakhir babak penyisihan Grup A Piala AFF. Secara head to head, skuat Garuda unggul dari The Azkals.

Duel Filipina kontra Indonesia pada malam nanti akan menjadi pertemuan kesembilan bagi kedua di gelaran turnamen sepak bola antarnegara di Asia Tenggara itu.

Dari kedelepan pertemuan sebelumnya tersebut, skuat Garuda tampil mendominasi dengan torehan lima kemenangan, dua hasil imbang, dan hanya sekali kalah dari tim berjuluk The Azkals itu.

Salah satu kemenangan terbesar Indonesia saat melawan Filipina terjadi di babak fase grup Piala AFF 2002.

Baca Juga: Lawan Filipina, Shin Tae-yong Minta Timnas Bermain Seperti di Final

Kala itu Skuat Garuda yang menjamu The Azkals di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, sukses menang atas Filipina dengan skor sangat telak 13-1. 

Duel melawan Filipina di laga terakhir fase Grup A Piala AFF 2022 menjadi pertandingan yang wajib dimenangi skuat Merah Putih untuk menjaga asa lolos ke babak semifinal Piala AFF.

Namun masalahnya, Timnas Indonesia sudah lama tak pernah menang melawan Filipina dalam 12 tahun terakhir di ajang Piala AFF.

Indonesia berhasil meraih kemenangan terakhirnya atas The Azkals pada leg kedua babak semifinal di Piala AFF 2010. 

Kendati demikian, Indonesia kesulitan mengalahkan Filipina dalam tiga pertemuan terakhir mereka di Piala AFF, di mana Indonesia menelan satu kekalahan dan dua hasil imbang.

Baca Juga: Spurs Tumbang 0-2 oleh Aston Villa, Conte Menyerah Buru Gelar Juara

Setelah meraih lima kemenangan atas Filipina di Piala AFF, skuat Garuda menderita kekalahan pada fase grup Piala AFF 2014 dengan skor cukup telak 4-0 dari The Azkals.

Kekalahan itu sekaligus menjadi batu sandungan bagi Indonesia, dan membuat mereka gagal lolos ke babak semifinal usai hanya mampu finish di peringkat ketiga klasemen akhir.

Setelah kekalahan itu, Indonesia dan Filipina kembali bertemu pada Piala AFF 2016 dan 2018, namun kedua pertemuan tersebut berakhir imbang.

Saat ini Indonesia menempati peringkat kedua klasemen Grup A Piala AFF 2022. Tim besutan Shin Tae-yong itu sudah mengemas tujuh poin dari tiga laga sebelumnya.

Baca Juga: Menyerah 3-1 dari Lens, PSG Kalah Perdana di Liga Prancis Musim Ini

Sedangkan, timnas Filipina sudah dipastikan tersingkir dari gelaran Piala AFF edisi 2022. Dari tiga pertandingan yang sudah dijalani, mereka hanya mampu meraih tiga poin.

Peluang Timnas Indonesia untuk meraih satu tiket ke babak semifinal Piala AFF 2022 memang masih terbuka lebar.

Secara matematis, skuat Garuda hanya butuh hasil imbang untuk meraih satu tempat ke babak selanjutnya.

Namun, menghadapi Filipina di kandangnya, bukan tidak mungkin Indonesia akan kesulitan meraih kemenangan. Terlebih dari tiga pertemuan terakhir, Garuda gagal menumbangkan The Azkals.

Head to Head Timnas Indonesia vs Filipina di Piala AFF

1. Timnas Indonesia 3-0 Filipina - fase grup Piala AFF 1998

2. Timnas Indonesia 3-0 Filipina - fase grup Piala AFF 2000

3. Timnas Indonesia 13-1 Filipina - fase grup Piala AFF 2002

4. Timnas Indonesia 1-0 Filipina - semifinal leg 1 Piala AFF 2010

5. Timnas Indonesia 1-0 Filipina - semifinal leg 2 Piala AFF 2010

6. Timnas Indonesia 0-4 Filipina - fase grup Piala AFF 2014

7. Timnas Indonesia 2-2 Filipina - fase grup Piala AFF 2016

8. Timnas Indonesia 0-0 Filipina - fase grup Piala AFF 2018

Prediksi Line-up Filipina vs Indonesia

Filipina (4-4-2): Julian Schwarzer Garcia; Simen Lyngbo, Amani Aguinaldo, Jefferson Tabinas, Audie Menzi; Oliver Bias, Arnel Amita, Mark Hartmann, Jesus Melliza; Stephan Schröck, Kenshiro Daniels.

Pelatih: Josep Maria Ferre Ybarz.

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Hansamu Yama, Fachrudin Aryanto, Pratama Arhan; Marc Klok, Ricky Kambuaya; Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan, Egy Maulana Vikri; Ilija Spasojevic.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Editor
Komentar
Banner
Banner