Kasus Suap Di MA

Hasbi Hasan Ternyata Pernah Bahas Pengaturan Perkara di Hotel Surabaya

KPK mengungkapkan adanya pengondisian perkara oleh Sekretaris Mahkamah Agung (MA) nonaktif Hasbi Hasan di sebuah hotel di Surabaya.

Featured-Image
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Senin (15/5). (Foto:apahabar.com/dianfinka)

apahabar,com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan adanya pengondisian perkara oleh Sekretaris Mahkamah Agung (MA) nonaktif Hasbi Hasan di salah satu hotel di Surabaya, Jawa Timur.

Berkaitan dengan itu, Tim penyidik KPK telah mendalami hal tersebut lewat pemeriksaan saksi Pujitama Tamamas selaku Operation Manager Hotel Doubletree by Hilton Surabaya, Jumat (8/9), di Gedung BPKP Jawa Timur.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya terkait dengan dugaan keberadaan tersangka HH di salah satu hotel di Surabaya dalam rangka membahas pengondisian perkara yang diajukan kasasinya di MA," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Selasa (12/9) malam.

Baca Juga: KPK Usut Aliran Uang Sekma Hasbi Hasan ke Penyanyi dan Selebgram

Perkara yang dimaksud berkaitan dengan kasus pidana Pengurus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Intidana Budiman Gandi Suparman.

Pada Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Budiman divonis bebas. Namun, di tingkat kasasi, atas pengaruh Hasbi, Budiman divonis dengan pidana lima tahun penjara.

Kasu ini bertalian dengan Hakim agung nonaktif Gazalba Saleh yang juga diproses hukum KPK atas kasus serupa yakni menjadi salah satu majelis hakim yang mengadili perkara Budiman di tingkat kasasi tersebut.

Baca Juga: KY Segera Jadwalkan Pemeriksaan Etik Sekma Hasbi Hasan

Dari jumlah Rp11,5 miliar yang dikucurkan guna mengurus perkara, Hasbi diduga menerima Rp3 miliar. Sisa uang tersebut diduga dinikmati oleh mantan Komisaris Independen Wijaya Karya (Wika) Beton Dadan Tri Yudianto yang disinyalir bermufakat jahat dengan Hasbi dalam mengurus perkara pidana Budiman di MA.

Dalam proses penyidikan ini, KPK telah menyita sejumlah kendaraan mewah seperti Mobil Ferrari California warna merah metalik dan Mobil McLaren tipe MP4-12C 3.8 warna volcano yellow.

Atas perbuatannya, Hasbi disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b dan atau Pasal 11 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Editor


Komentar
Banner
Banner