Puncak Hari Jadi Ke-72 Kabupaten HSS

Harjad ke-72, Kabupaten HSS Raih Segudang Prestasi dan Penghargaan

Kado terindah diterima Kabupaten HSS saat perayaan hari jadi (Harjad) ke-72. Segudang prestasi dan penghargaan tingkat provinsi dan pusat.

Featured-Image
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalukan pemotongan nasi astakona di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan. Foto: Prokopim Setda HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Kado terindah diterima Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) saat perayaan hari jadi (Harjad) ke-72. Segudang prestasi dan penghargaan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dan pusat telah berhasil diraih.

Berbagai prestasi dan penghargaan ini diantaranya predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK Republik Indonesia atas pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2022 yang ke-9 kali berturut-turut, SAKIP award 2021 Kemenpan RB predikat A dan merupakan satu-satunya kabupaten dari Provinsi Kalsel yang berhasil meraih.

Selanjutnya penghargaan pembangunan daerah tingkat nasional (PPD) dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Bappenas atas penanggulangan kemiskinan pada masa pandemi Covid-19 dan merupakan satu-satunya di Indonesia angka kemiskinannya menurun.

Tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Ketua Tim Penggerak PKK HSS Isnaniah Achmad Fikry, penghargaan innovative government award 10 besar kabupaten terinovatif di indonesia dari tahun 2019, 2020, 2021 dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan 5 terbaik se-Indonesia layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (lapor) pada kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik oleh Kemenpan RB, penetapan RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan sebagai rumah sakit pendidikan dari Kementerian Kesehatan, serta tuan rumah Porprov ke-11 menjadi juara umum.

Bupati HSS, Achmad Fikry menyampaikan bahwa berbagai prestasi dan penghargaan tersebut bukanlah tujuan akhir dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

"Kami jadikan ini semangat dan motivasi untuk bisa terus memberikan yang terbaik bagi warga HSS yang merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Selatan," kata Bupati Fikry, Sabtu (3/12) di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinginya diberikan atas segala dukungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dibawah kepemimpinan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

"Atas dukungan ini berbagai capaian pembangunan telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Kedepan kerjasama yang telah terjalin baik diharapkan dapat terus dipelihara dan ditingkatkan lagi guna turut mendukung upaya pembangunan di Kalimantan Selatan," terang Bupati HSS.

Tak lupa ucapan terima kasih disampaikan atas dukungan dan doa restu para habaib, alim ulama, seluruh masyarakat, Forkopimda kepada Pemkab HSS.

Keberhasilan pembangunan selama ini tidak lepas dari peran aktif para alim ulama dan masyarakat guna turut mendukung berbagai program yang telah dilaksanakan.

"Prioritas pembangunan kami mewujudkan kesejahteraan masyarakat dunia dan akhirat sehingga orientasi kami meningkatkan taraf hidup masyarakat, serta berbagai program lainnya yang bersentuhan langsung kepada masyarakat," jelasnya.

Bidang pendidikan, Pemkab HSS telah memberikan beasiswa pendidikan santri ke luar negeri bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat.

Tercatat sejak 2020 sampai sekarang tahun 2022 telah diberikan beasiswa kepada 67 orang santri ke berbagai lembaga pendidikan di luar negeri.

"Ini perwujudan dari visi pembangunan HSS sekaligus aktualisasi program pembangunan dan lambang daerah berupa mesjid yang menjadi ciri masyarakat yang agamis di Bumi Rakat Mufakat," bebernya.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menjelaskan, Kabupaten HSS memiliki potensi besar untuk bisa maju dan berkembang lebih baik lagi.

Pasalnya berbagai potensi ada di HSS, mulai dari pertambangan, perkebunan, pertanian, peternakan hingga perikanan. Termasuk pariwisata yang sangat menjanjikan untuk terus berkembang.

"Potensi ini aset yang luar biasa jika bisa dioptimalkan. Karena itu, pemerintah dan masyarakat Kabupaten HSS harus yakin dan optimis bahwa daerah ini bisa lebih maju," ungkapnya.

Gubernur Sahbirin Noor mengajak semua menggelorakan semangat membangun dengan membulatkan tekad untuk terus melangkah maju dalam pembangunan daerah secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

"Saya ucapkan selamat memperingati hari jadi Kabupaten HSS yang ke-72. Semoga dengan peringatan ini, seluruh elemen pemerintahan dan komponen masyarakat semakin rakat membangun daerah lebih baik," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner