Pemkab HSS

Gubernur Kalsel Peringati HUT Ke-75 Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor hadiri peringatan HUT Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Monumen Proklamasi 17 Mei 1949 Mandapai.

bakabar.com, KANDANGAN - Gubernur Kalsel Sahbirin Noor hadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Monumen Proklamasi 17 Mei 1949 Mandapai, Desa Batu Bini Padang Batung, Hulu Sungai Selatan (HSS), Jumat (17/05).

Peringatan ini digelar dengan melaksanakan upacara dihadiri Forkopimda Kalsel, Forkopimda HSS serta anggota TNI dan Polri, organisasi masyarakat hingga pelajar.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan bahwa Divisi IV Pertahanan Kalimantan adalah bagian sejarah Republik Indonesia, perjuangan para pahlawan dan pejuang dimasa lalu yang berpusat di Mandapai, Desa Batu Bini.  

"Kepada generasi muda tentunya mereka harus menjadikan semangat juang para pahlawan kita, modal dasar mereka adalah belajar, belajar terus belajar agar siap menghadapi tantangan dan kehidupan sesuai jaman," kata Gubernur Kalsel.

Sementara itu, Pj Bupati HSS Hermansyah menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Kalsel, khususnya hal ini Gubernur yang mengembalikan marwah proklamasi itu ke Bumi Rakat Mufakat.

"Harapan kita bagaimana agar generasi muda ini bisa mewarisi nilai-nilai juang yang sudah diwariskan para pendiri negara dan para pahlawan-pahlawan mereka berjuang meneteskan keringat, air mata bahkan nyawa untuk kemerdekaan negara ini," imbuhnya.

Hermansyah mengapresiasi antusiasme para peserta yang ikut rangkaian kegiatan HUT ke-75 Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan mulai dari napak tilas juang, pengibaran bendera merah putih besar dan pawai obor jejak juang pejuang Kalimantan.

Selepas upacara, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Forkopimda Kalsel, Pj Bupati Hermansyah, Forkopimda HSS juga menyerahkan tali asih, bingkisan untuk veteran dan janda veteran sekaligus melepas peserta napak tilas juang.

Kemudian penyerahan beras sejahtera daerah dan bantuan sosial program Pemkab HSS, peninjauan bakti sosial sunatan massal dan pasar murah di kawasan Mandapai Desa Batu Bini.

Editor
Komentar
Banner
Banner