Pemilu 2024

Hanura Klaim 32 Persen Perempuan Didaftarkan Jadi Bacaleg di Pemilu 2024

Partai Hanura mengklaim, jumlah perempuan yang didaftarkan sebagai bacaleg tersebut sebanyak 32%, melebihi batas minimun yang ditetapkan oleh KPU.

Featured-Image
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) bersama kadernya tiba di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (10/5/2023). apahabar.com/Andrey

bakabar.com, JAKARTA - Partai Hanura telah resmi menyerahkan daftar bacaleg DPR RI, provinsi dan kabupaten/kota sebanyak 580 orang ke KPU hari ini, Rabu (10/5). 

Partai Hanura mengklaim, jumlah perempuan yang didaftarkan sebagai bacaleg tersebut sebanyak 32%, melebihi batas minimun yang ditetapkan oleh KPU yakni 30%.

"Jumlah keterwakilan perempuan cukup 32% bukan 30%, tetapi 32% kita lebihin. Banyak perempuan yang berkualitas tinggi. Jangan main-main dengan perempuan," ujar Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang alias OSO kepada wartawan usai penyerahan Bacaleg di Lantai 2 Gedung KPU Pusat, Rabu (10/5).

Baca Juga: Partai NasDem dan Hanura Bakal Daftarkan Caleg ke KPU Hari Ini

OSO menilai, peran perempuan sangat penting dalam sebuah sistem demokrasi. Menurutnya, saat ini banyak perempuan yang menjabat posisi strategis. Bahkan ia berharap ada banyak perempuan yang menjadi ketua umum partai politik. Hal itu menurutnya patut didukung.

"Sekarang buktinya ada ketua umum partai perempuan,itu fakta. Mudah-mudahan ada ketua umum ketua umum partai perempuan jangan laki-laki semua," ujar OSO.

OSO pun mengusulkan jika perlu jumlah keterwakilan perempuan di legislatif mencapai 50%.

"Jangan laki-laki semua, kalau perlu 50% perempuan, karena jumlah penduduk perempuan sekarang itu meningkat, jadi keterwakilan perempuan sangat penting," ujarnya.

Baca Juga: Hanura Serahkan Penuh Penentuan Bakal Cawapres Kepada Ganjar

Baginya keterwakilan perempuan sangat penting karena mereka yang akan menjadi pendidik utama anak sebagai generasi penerus bangsa, sehingga perlu 

"Ibu-ibu, emak-emak, itu penting karena itu yang melahirkan anak kita ini, jadi jangan sia-siakan, bukan berarti saya menyuruh, ini hanya mengingatkan saja," pungkasnya.

Partai Hanura menjadi partai kedua yang resmi mendaftarkan 580 bacaleg di 84 dapi ke KPU. Sebelumnya, PKS telah mendaftarkan caleg terlebih dahulu pada Senin (8/8).

Editor


Komentar
Banner
Banner